Awas Sinyal Minions Melemah!

Rabu, 08 Mei 2019 15:47:26

 

Pentas bulutangkis dunia dalam kurun 2017 - 2018 seperti menjadi milik Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon. Sebanyak 16 gelar di turnamen level Superseries

serta medali emas Asian Games 2018 menjadi pembuktian pasangan ganda putra andalan Indonesia berjuluk Minions ini.

Namun, memasuki musim 2019 situasinya mulai agak mencemaskan. Di dua turnamen pembuka di Indonesia Masters serta Malaysia Masters, sukses dimenangkan oleh Minions. Kecemasan mulai muncul saat memasuki turnamen berikutnya. Dimulai dari All England, Malaysia Open, Singapore Open, serta Asia Badminton Championships, seluruhnya berakhir dengan kegagalan. Satu hal yang tak pernah terjadi dalam penampilan Minions dua kurun dua tahun sebelumnya.

Asisten pelatih ganda putra Aryono Miranat yang mendampingi di Asia Badminton Championships tak menampik, meski masih bertengger di peringkat 1 dunia namun posisi Minions saat ini mulai tidak aman. Hal itu tak lepas dari performa Minions yang dinilai mulai menurun.

Suka atau tak suka, dalam posisi nomor 1 dunia Minions memang selalu menjadi incaran para pesaing. Gaya mereka bermain dengan mudah terus dipelajari lewat rekaman pertandingan yang siapapun bisa menyimak dari fasilitas youtube. Lewat rekaman itu titik-titik kelemahan keduanya terus dicari dan dipelajari.

Apa yang menjadi ungkapan Aryono bisa jadi ada benarnya. Dalam catatan sejarah nomor ganda putra di turnamen BWF sejak memasuki era terbuka, memang belum ada yang mampu menjadi penguasa lebih dari dua tahun.  Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan juga pernah menguasai ganda putra dunia, namun posisinya segera digeser seiring kemunculan pasangan tangguh Korsel, Lee Young Dae/Yoo Yeon Seong. Tak lebih dari dua tahun ketangguhan Lee/Yoo pun langsung meredup seiring munculnya Minions.

Melihat gelagat yang ada, tim pelatih ganda putra Pelatnas PBSI memang harus waspada agar Minions juga tak terkena dampak siklus dua tahunan. Bagaimanapun target besar Minions adalah mempertahankan tradisi emas di ajang Olimpiade Tokyo 2020. Minions menjadi harapan karena memang mereka yang dianggap paling mumpuni di antara stok pemain yang dimiliki PBSI saat ini.

Di sisi lain, target terdekat Minions pun diharapkan menjadi penyumbang poin wajib saat tim Indonesia melakoni laga di ajang Piala Sudirman 2019 yang digelar di Nanning, Tiongkok, 19-26 Mei 2019.

Khalayak bulutangkis Indonesia tentu berharap baterai Minions agar terus terjaga tetap on fire hingga puncaknya di Tokyo 2020 mendatang. Semoga.