Tebar Yogya Jelang Puasa

Rabu, 08 Mei 2019 15:58:52

 

Majalahbulutangkis.com- Ada satu tradisi dari komunitas bulutangkis Forum Tepok Bulu (FTB) chapter Yogyakarta sebelum memasuki bulan Ramadhan. Biasanya pecinta bulutangkis dari kota yang terkenal dengan makanan khas gudeg ini kerap mengadakan tepok bareng (Tebar). Tebar merupakan ajang bermain bulutangkis bersama dengan sesama penggiat forum FTB.

Tebar kali ini mengusung nama Tebar Yogya Istimewa 2019. Memang selalu istimewa jika FTB chapter Yogyakarta mengadakan kegiatan ini. Tak hanya istimewa, malah bisa dibilang luar biasa. Dimulai dari pendaftaran yang dibuka di webiste www.forumtepokbulu.com, kuota 120 peserta langsung penuh hanya dalam waktu 40 menit. Serunya lagi, pada hari dan waktu yang sudah ditentukan untuk pendaftaran, hampir sebagaian besar anggota menunggu pengumuman pembukaan pendaftaran dari panitia di depan komputer ataupun notebook mereka. Tak salah jika banyak anggota yang ingin hadir harus masuk sebagai cadangan peserta.
 
Tebar Yogya Istimewa 2019 dilaksanakan selama dua hari, yakni di hari Sabtu-Minggu (6-7 April 2019). Khusus di hari Sabtu, tak ada pertandingan. Yang ada adalah acara Gala Dinner sebagai acara penyambutan peserta yang sudah datang.

Bertempat di restoran Pringsewu, Yogyakarta, Gala Dinner berlangsung meriah. Turut hadir Sukiman selaku wakil dari Pengprov PBSI DIY. Dalam sambutannya Sukiman mengaku  senang dengan kegiatan ini.

“Pengprov PBSI DIY sangat mendukung acara ini. Ini merupakan sinergi yang baik antara komunitas dengan Pengprov PBSI DIY,” ujarnya.

Ketua FTB chapter Yogyakarta, Muhammad Sholeh turut memberikan apresiasi kepada seluruh peserta yang sudah menyempatkan hadir. “Atas nama panitia, kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas kehadiran dari rekan-rekan semua,” tuturnya.

“Tak hanya waktu yang diluangkan, tetapi biaya yang cukup besar juga dikeluarkan demi memperkuat tali silaturahmi,” sambungnya sambil menyebut nama-nama kota peserta seperti Jakarta, Bogor,  Sidoarjo, Pasuruan, Solo dan daerah lainnya. Puncak acara Gala Dinner dibuka door prize menarik yang dipersembahkan oleh panita dan sponsor.
 
Pesta komunitas bulutangkis digelar pada hari Minggu (7/4). Semua peserta yang sudah terdaftar berkumpul di Gedung Olah Raga (GOR) Phoenix Badminton Center  yang terletak di daerah Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Gedung dengan kapasitas empat lapangan dan dua tribun ini menjadi penuh sesak oleh para peserta.

Panitia membagi peserta dalam dua grup dan masing-masing grup terbagi lagi ke dalam empat sub grup. Nama-nama grup yang digunakan diambil dari nama pantai yang ada di Yogyakarta, seperti Parangtritis, Indrayanti dan lainnya.  

Sistem pertandingan menggunakan setengah kompetisi. Setiap pasangan yang ada di masing-masing grup saling bertemu dan hanya grup dengan skor pertandingan yang terbesar lah yang akan bertanding di babak final. Mengingat keterbatasan waktu, setiap game yang dimainkan berakhir pada angka 18. Dan tidak ada rubber game pada setiap pertandingan yang dimainkan.
 
Setelah pertandingan penyisihan grup selesai, tim Samas akhirnya berhak bertanding di babak final melawan tim Timang. Tim Samas dari pool A maju ke babak final usai menjadi yang terbaik dengan skor kemenangan 698. Sementara tim Timang memimpin di pool B dengan skor kemenangan 694.
 
Dalam babak final yang dimainkan petang harinya, keluar sebagai juara adalah tim Timang setelah mengalahkan tim Samas dengan skor kemenangan akhir 237 - 210. Tim Timang berhak memegang piala bergilir yang khusus disiapkan dari salah satu sponsor serta medali dan hadiah. Sebagai runner-up tim Samas juga berhak memperoleh medali dan hadiah.
 
Slogan “Teko seneng, main seneng, pulang seneng” yang diusung, sangat pas dengan suasana Tebar kali ini. Semua peserta datang dengan penuh kegembiraan, main juga dengan keceriaan dan pulang membawa sejuta kenangan. Tak salah jika tebar yang diselenggarakan oleh chapter Yogyakarta selalu dinantikan. (Arief Rachman)

 

« Back to News