Tebar Jabodetabek 2019

Selasa, 13 Agustus 2019 10:41:54

Majalahbulutangkis.com- Layaknya Sirkuit Nasional (Sirnas), Tepok Bareng (Tebar) dari Forum Tepok Bulu (FTB) terus bergerak dari satu kota ke kota lainnya. Usai dari Yogyakarta dengan Tebar Yogya yang diselenggarakan pada 6-7 April 2019, kegiatan tempat berkumpulnya para komunitas bulutangkis ini berlanjut ke Jakarta.

Para penggemar olahraga yang menggunakan raket dari Chapter Jakarta mengusung kegiatan Tebar Jabodetabek 2019. Kegiatan ini dilaksanakan di markas besar Candra Wijaya International Badminton Centre (CWIBC) di kawasan Tangerang Selatan, Minggu (7/7)

Seperti event Tebar sebelum-sebelumnya, animo peserta sungguh luar biasa. Dalam waktu singkat, kuota pendaftaran melalui website resmi FTB  di www.tepokbulu.com terisi semuanya. Tak heran jika GOR CWIBC yang terletak di Jl. Jelupang Raya No. 15, Jelupang, Serpong Utara, Tangerang Selatan, ramai dihadiri oleh para peserta. Tercatat sekitar 160 peserta yang melakukan registrasi ulang. Mereka datang dari berbagai kota seperti Cilegon, Bandung, Bogor, Yogyakarta, Solo, Semarang dan ada juga peserta yang datang dari Surabaya.Tidak hanya ingin sekadar bermain bulutangkis bersama, mereka rupanya juga ingin bersilaturahmi dengan rekan-rekan dari kota lain usai Lebaran.

“Senang bertemu dengan teman-teman dari daerah lain. Apalagi ini momennya Lebaran, jadi sekalian halal bihalal,” ujar Dimas, peserta dari Semarang.  

Tepat pukul 08.00 WIB acara di mulai. Lepas kumadang lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dinyanyikan bersama-sama, acara Tebar Jabodetabek 2019 resmi dibuka. Pembukaan juga ditandai dengan melakukan service bersama tiga orang moderator. Kejutan pertama langsung muncul. Dua dari tiga shuttlecock yang dilepaskan, rupanya merupakan hadiah door prize.

“Lumayan dapat door prize. Padahal acara baru dimulai,” ujar Andi, peserta dari Jakarta.

Umumnya kegiatan Tebar lainnya, para peserta terbagi kedalam beberapa tim . Total 16 tim terbagi dalam empat pool. Satu tim terdiri dari sepuluh pemain. Jadi dalam satu tim ada lima pasang ganda putra yang akan mencari poin kemenangan. Sesuai dengan judulnya Tebar Jabodetabek 2019, nama grup yang digunakan mewakili nama-nama stasiun yang ada di Jakarta dan sekitarnya, seperti Stasiun Tanah Abang, Manggarai, Jatinegara, Grogol, Kranji dan lainnya. Terbatasnya waktu penggunaan lapangan memaksa skor pertandingan hanya sampai 30 saja tetap dengan sistem rally poin.

“Waktunya terbatas, jadi kita harus padatkan jumlah skornya dari biasanya 42 menjadi 30,” ujar Danang selaku Ketua Panitia.

Dari masing-masing pool akhirnya terpilih empat grup yang berhasil melaju ke babak semifinal. Saling berhadapan pada babak semifinal adalah grup Stasiun Serpong melawan grup Stasiun Jatinegara dan grup Stasiun Tanjung Barat melawan grup Stasiun Duri. Grup Stasiun Serpong akhirnya muncul sebagai juara usai mengalahkan rival utamanya dari grup Stasiun Tanjung Barat dengan skor tipis 129 – 123. Baik juara pertama maupun juara kedua berhak mengantongi medali dan juga hadiah yang disediakan oleh panitia dan sponsor.

Acara menjadi istimewa dengan hadirnya mantan pemain nasional, Rian Agung Saputro. Rian didaulat melakukan pertandingan eksibisi melawan pemain-pemain dari FTB. Berpasangan dengan Anggiet, yang merupakan peserta dari Semarang, Rian beraksi melawan wakil FTB Wakana/Rian.

Tak terasa, pertemuan singkat para pecinta olahraga bulutangkis berakhir.  Tetapi rasa persaudaraan yang kuat di antara mereka tidak pernah pudar. Memang ini salah satu tujuan dari kegiatan yang kerap dilaksanakan dari kota ke kota. Tidak heran jika kegiatan serupa selalu ditunggu oleh para anggota. Usai dari Jakarta, kegiatan serupa dengan skala nasional  dengan tajuk Tepok Bareng Nasional (Tebarnas) 2019 siap menunggu para peserta. Tebarnas 2019 rencananya akan dilaksanakan di Solo pada tanggal 2-3 November 2019. Sampai jumpa lagi di Tebarnas 2019. (Arief Rachman)

« Back to News