Tim Uber Indonesia Atasi Jerman 4-1

Minggu, 10 Oktober 2021 09:52:17

 

Majalahbulutangkis.com- Meski kehilangan satu poin di partai terakhir, namun tim putri Indonesia sukses mengemas kemenangan pertama melawan tim German 4-1 di laga pembuka penyisihan Grup A ajang Piala Uber 2020 di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Sabtu (9/10) siang.

Gregoria Mariska Tunjung mengawali partai pembuka dengan cantik. Tunggal putri terbaik skuat Merah-Putih ini sukses memenangi laga atas Yvonne Li dan membawa Indonesia memimpin 1-0.

Menghadapi Yvonne yang berada di peringkat 23 dunia, Gregoria tampil percaya diri. Pemain binaan PB.Mutiara Cardinal Bandung ini pun memenangi laga dengan 21-10, 21-14 dalam 28 menit.

"Puji Tuhan bisa main baik dan menyumbangkan poin pembuka untuk Indonesia. Tadi memang sempat tegang, tetapi setelah itu saya bisa lebih nyaman dan enak mengembangkan permainan," kata Gregoria usai laga.

Di partai kedua pasangan ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu sukses membawa keunggulan 2-0. Pasangan peraih emas Olimpiade Tokyo ini bermain optimal saat mengalahkan Stine Kuspert/Emma Moszczynski dengan 21-16, 21-17.

Kemenangan tim Indonesia dipastikan oleh debutan tunggal putri, Putri Kusuma Wardani. Pemain binaan PB.Exist Jakarta ini sukses mengatasi perlawanan Ann Kathrin Spori dua game langsung 21-11, 21-17.

Sebagai pemain yang pertama kali tampil di ajang beregu perebutan Piala Uber, Putri mampu melakoni laga dengan baik. Memang performanya belum konsisten, namun paling tidak dia bisa menyumbangkan satu angka kemenangan.

Berkat sumbangan satu angka, Putri bisa mengantarkan Skuat Merah-Putih memimpin 3-0 atas Jerman. "Bersyujur bisa menyumbangkan angka untuk tim," kata Putri.

Kemenangan Ribka Sugiarto/Siti Fadia Silva Ramadhanti menggenapkan kemenangan 4-0 Indonesia atas Jerman. Ganda kedua skuat Garuda ini menang meyakinkan atas Annabella Jaeger/Leona Michalski dengan skor 21-9, 21-8 dalam durasi 30 menit.

Sayangnya di partai penutup pemain tunggal putri Ester Nurumi Tri Wardoyo belum berhasil menggenapkan kemenangan Indonesia atas Jerman. Ester yang merupakan pemain binaan PB.Exist Jakarta ini gagal mengatasi perlawanan Nguyen Thuc Phuang dalam laga tiga game 18-21, 21-17, 14-21.

Kegagalan mengatasi perlawanan ulet Nguyen Thuc Phuang tersebut membuat Indonesia kehilangan satu angka atas Jerman dengan skor 4-1.

Menurut manajer tim Piala Thomas dan Uber, Eddy Prayitno, dirinya merasa puas dengan hasil tim Merah-Putih menang 4-1 atas Jerman. Pasalnya di atas kertas dan sesuai perhitungan, Jerman memang bisa dikalahkan karena kemampuannya masih di bawah Indonesia.

Diakuinya, memang sebenarnya hitung-hitungan di atas kertas Indonesia akan kecolongan satu angka. Tetapi kemenangan Gregoria Mariska di partai pembuka atas Yvonne Li cukup menggembirakan. Sebab, prediksinya di partai pembuka ini Jerman bisa mencuri poin.

"Awalnya kita memprediksi Gregoria akan kesulitan lawan Yvonne. Partai pertama ini bisa menjadi batu sandungan. Ternyata Gregoria bisa bermain penuh percaya diri dan tampil bagus untuk mengamankan angka di partai pertama," komentar Eddy.

Sementara di tiga partai lain yang juga menyumbangkan angka, Eddy menyebut hal itu sudah sesuai prakiraan. Pasangan Greysia/Apriyani bermain cantik dan stabil. Pun dengan Ribka/Fadia yang pada awalnya bahu Fadia sedikit bermasalah, ternyata sudah pulih.

Hasil Piala Uber Indonesia vs Jerman (4-1)

1. Gregoria Mariska Tunjung vs Yvonne Li, 21-10, 21-14

2. Greysia Polii/Apriyani Rahayu v Stine Kuspert/Emma Moszczynski, 21-16, 21-17

3. Putri Kusuma Wardani vs Ann Kathrin Spori, 21-11, 21-17

4. Ribka Sugiarto/Siti Fadia Silva Ramadhanti vs Annabella Jaeger/Leona Michalski, 21-9, 21-8

5. Ester Nurumi Tri Wardoyo vs Nyuyen Thuc Phuong, 18-21, 21-17, 14-21. (MB-01)