Ginting Melaju ke Semifinal

Sabtu, 27 Januari 2024 10:04:05

 

Majalahbulutangkis.com- Tunggal putra andalan Indonesia,  Anthony Sinisuka Ginting melangkah ke semifinal ajang bulutangkis Daihatsu Indonesia Masters 2024 seusai menumbangkan wakil Singapura, Loh Kean Yew.

Dalam laga sengit yang digelar di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (26/1), tunggal putra kelahiran 20 Oktober 1996 itu menang dua gim langsung dengan skor 21-17, 21-19.

Pada pertandingan ini terlihat kedua pemain memberikan penampilan terbaik dengan bertarung secara sengit dan seru. Sepanjang pertandingan terjadi kejar mengejar angka sehingga untuk mendapatkan setiap poinnya tidak mudah.

Ginting yang bermain taktis akhirnya mampu memegang kendali permainan untuk meraih kemenangan dua gim langsung dalam tempo 53 menit dari juara dunia 2021.

“Pertandingan yang cukup ketat dan menarik karena kedua pemain menampilkan permainan terbaiknya. Tidak mudah untuk mendapatkan poin dan terjadi beberapa kali kejar mengejar angka dan saya mencoba mengadu strategi di lapangan pada laga ini,” ungkap Ginting.

Dengan hasil ini, pemain asal Cimahi itu berhadapan dengan wakil Kanada, Brian Yang di semifinal. Pada pertandingan sebelumnya, juara Canadian International Challenge 2023 itu menang atas wakil Malaysia, Lee Zii Jia yang mengundurkan diri dalam skor 21-14.

Menghadapi tunggal putra ranking 24 dunia, Ginting mengaku tidak mau jemawa dan ingin fokus supaya meraih hasil maksimal. Menilik rekor pertemuan, Ginting tercatat menang tiga kali melawan Brian. Pertemuan terakhir kedua pemain yang mampu dimenangkan Ginting terjadi di 32 besar turnamen Hong Kong Open 2023 dengan skor 21-9, 21-14.

“Brian Yang merupakan pemain yang cukup diwaspadai. Selama turnamen Daihatsu Indonesia Masters 2024 tercatat Brian mengalahkan pemain unggulan," ujar Ginting.

"Setiap pemain punya kans yang sama dan terpenting kami mempersiapkan pada setiap pertandingannya. Setelah ini kami mau mempersiapkan diri untuk lebih maksimal lagi di partai semifinal,” ungkap Ginting.

Selain Anthony Sinisuka Ginting, Indonesia sudah menempatkan Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto (ganda putri), Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (ganda putra) yang lolos ke semifinal.

Lanny/Ribka maju ke empat besar seusai menumbangkan pasangan Belanda, Debora Jille/Cheryl Seinen dengan skor 21-10, 21-16.

Di semifinal Lanny/Ribka akan menantang pasangan unggulan Liu Sheng Shu/Tan Ning dari China yang sebelumnya mengalahkan pasangan Malaysia, Pearly Tan/Thinaah Muralitharan 21-16, 21-9.

Dari sektor ganda putra, Leo/Daniel mengatasi perlawanan wakil Denmark, Daniel Lundgaard/Mads Vestergaard dengan skor 21-14, 21-12.

Adapun Fajar/Rian melaju ke semifinal seusai menumbangkan rekan satu negaranya, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri dengan skor 21-13, 21-12.(dar)

Sumber Foto : Humas PBSI