Ayaka Takahashi Gantung Raket

Senin, 24 Agustus 2020 15:42:40

 

Majalahbulutangkis.com- Merasa tak mampu lagi bersaing dan sudah kehilangan motivasi untuk meraih prestasi lebih tinggi lagi, bintang bulutangkis ganda putri Jepang, Ayaka Takahashi akhirnya memutuskan untuk gantung raket. Keputusan Ayaka untuk pensiun disampaikan akhir pekan lalu di markas klubnya Nihon Unisys, Tokyo, Jepang.

"Setelah pengumuman diundurnya Olimpiade Tokyo dari tahun 2020 ke 2021, saya berpikir tidak mampu lagi menjaga motivasi saya. Semula saya masih berpikir untuk tetap lanjut bermain hingga periode kualifikasi Olimpiade berakhir. Tapi saya putuskan untuk segera mengakhiri karir bulutangkis saat ini juga," ujar Ayaka.

Ayaka yang berpasangan dengan Misaki Matsutomo memang menjadi salah satu ganda putri terhebat yang pernah dimiliki Jepang. Mereka tercatat sebagai ganda putri pertama asal Jepang yang sukses merebut medali emas di Olimpiade Rio 2016. Sukses mereka juga dilengkapi dengan gelar All England, Kejuaraan Asia, perunggu Kejuaraan Dunia, serta ikut mengantar Jepang menjuarai Piala Uber 2018.

Saat mengumumkan gantung raket, Ayaka/Misaki masih berada di peringkat 7 BWF. Ajang All England, Maret 2020 lalu menjadi event terakhir yang mereka ikuti dengan mencapai babak semifinal usai dikalahkan rekannya sendiri Yuki Fukushima/Sayaka Hirota 12-21, 12-21. Sebelumnya di semifinal mereka mengalahkan salah satu rival beratnya dari Tiongkok, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan.

"Saya tidak menyesal dengan keputusan ini. Di perempat final All England kami mengalahkan pasangan nomor 1 dunia Chen Qing Chen/Jia Yi Fan. Saya tidak mengira jika itu menjadi pertandingan terakhir bagi saya melawan pasangan terkuat dari Tiongkok. Saya bangga dengan apa yang sudah saya raih selama ini," lanjut pemain kelahiran 19 April 1990 ini.

Beda dengan Ayaka, sang partner Misaki justru masih melanjutkan kiprahnya di pentas bulutangkis dunia. Namun, Misaki hanya akan fokus bermain di ganda campuran berpasangan dengan Yuki Kaneko.

"Saya yakin tidak akan mampu meraih banyak prestasi hebat seperti Olimpiade Rio tanpa Ayaka. Saya ucapkan terima kasih atas dedikasi Ayaka selama ini," tukas Misaki. (MB-02)

 

« Back to News