Tumbangkan Jepang 3-1 Tim putra Indonesia Melaju ke Final Asian Games 2018

Selasa, 21 Agustus 2018 23:39:03

 

Majalahbulutangkis.com- Tim bulutangkis putra secara mengejutkan melaju ke babak final beregu ajang Asian Games XVIII 2018 yang digelar di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Sukses tim putra Merah Putih diraih setelah menyungkurkan tim tangguh Jepang 3-0 di babak semifinal Selasa malam (21/8).

Pasangan muda Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto secara meyakinkan menjadi penentu kemenangan di partai keempat dengan membungkam pasangan Takuto Inoue/Yuki Kaneko dua game langsung 21-10 dan 21-10. Di babak final nanti, Indonesia akan berhadapan dengan Tiongkok yang berhasil memulangkan Taiwan dengan skor 3-1.

"Pertama-tama kami bersyukur karena tim Indonesia bisa ke final dan kami menyumbang poin. Kami main enjoy dan rileks, kami tidak terbebani karena Indonesia sudah unggul 2-1, jadi mainnya enak. Kami ingin skornya 3-1 saja. Kami belum pernah menang lawan mereka, ini menjadi motivasi sendiri buat kami. Kami senang sebagai tuan rumah bisa menang hari ini dan kami bisa membalas kekalahan kami atas Inoue/Kaneko di rumah kami sendiri," ungkap Fajar Alfian.

Kemenangan Fajar/Rian memang di luar dugaan mengingat mereka memiliki rekor pertemuan yang kurang baik melawan Takuto Inoue/Yuki Kaneko. Namun, pasangan peringkat sembilan dunia itu mampu membalikkan keadaan didukung oleh penonton di Istora Senayan.

Bagi tim putra Indonesia, prestasi ini tentunya menjadi pencapaian yang cukup baik, apalagi sudah 16 tahun lamanya tim putra Indonesia tak berada di partai puncak. Tim putra Indonesia terakhir kali merebut emas Asian Games beregu pada tahun 1998 di Bangkok, Thailand.

Kubu Indonesia sebelumnya sempat dibuat tegang ketika di partai pertama Anthony Sinisuka Ginting menyerah di tangan pemain terbaik Jepang, Kento Momota dalam laga tiga game 21-14, 14-21, 16-21.

Namun di partai kedua pasangan andalan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon berhasil membalas kekalahan mereka atas Takeshi Kamura/Keigo Sonoda di World Championships 2018. Kali ini di ajang bulutangkis beregu putra Asian Games 2018, Kevin/Marcus menuntaskan perlawanan Kamura/Sonoda dalam dua game langsung dengan skor 21-18, 21-12.

Di partai ketiga Jonatan Christie menyumbang angka kedua bagi tim putra Indonesia dalam laga semifinal bulutangkis beregu putra Asian Games 2018. Menang straight game dengan skor 21-15, 21-19 atas Kenta Nishimoto, Jonatan membawa tim putra ungguli Jepang dengan skor 2-1.

Jonatan Christie mengaku senang bisa menyumbang satu poin untuk Indonesia pada partai ketiga. Menurut Jojo, sapaan akrab Jonatan, publik Istora yang tak kenal lelah memberikan dukungan untuk Indonesia, spontan menyuntik semangat juang pebulutangkis besutan klub Tangkas Jakarta itu.

“Puji Tuhan saya bisa menang hari ini, apalagi di pertemuan sebelumnya saya kalah dan belum pernah menang dari dia. Saya tidak menyangka bisa menang straight game hari ini, saya sudah siap capek dan main rubber game melawan pemain Jepang. Di sini ada posisi ‘menang angin’ dan ‘kalah angin’, jadi kita harus pintar dengan pola stroke nya. Saya belajar dari kekalahan kemarin,” kata Jonatan. (MB-01)