Tim Rajawali Raih Dua Kemenangan di Simulasi Piala Thomas

Rabu, 02 September 2020 18:50:45

Majalahbulutangkis.com- Tim Rajawali sukses membukukan kemenangan kedua di ajang Mola TV PBSI Thomas & Uber Cup Simulation 2020. Di laga kedua yang digelar di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (2/9), Jonatan Christie dkk menang tipis melawan Tim Harimau 3-2.

Dengan kemenangan ini Tim Rajawali memimpin sementara di posisi teratas dari empat tim yang berlaga di laga simulasi jelang putaran final Piala Thomas & Uber 2020 yang akan digelar di Aarhus, Denmark, 3-11 Oktober 2020 mendatang. Sehari sebelumnya Tim Rajawali mengalahkan Tim Garuda dengan skor telak 4-1.

Yang menarik, meski unggul atas Tim Harimau namun Tim Rajawali sempat kehilangan poin terlebih dulu ketika tunggal pertama Jonatan dipermalukan oleh Chico Aura Dwi Wardoyo dalam laga tiga game 21-19, 13-21, 14-21.

Kekalahan di game pertama membuat Chico mengubah permainannya menjadi lebih sabar di game kedua dan game ketiga, ia tidak terburu-buru untuk mematikan lawan. Sebaliknya, kualitas permaian Jonatan justru menurun setelah menang 21-19 di game pertama. Jonatan banyak melakukan kesalahan yang tidak perlu, ia juga beberapa kali salah mengantisipasi pengembalian Chico.

"Saya mencoba main lebih sabar, lebih ulet dan nggak gampang mati sendiri, jadi pukulan-pukulan saya lebih terarah," kata Chico soal permainan di game kedua dan game penentuan.

Dari dua penampilannya melawan pemain yang lebih dijagokan. Chico berhasil memetik kemenangan. Sehari sebelumnya dalam laga melawan Shesar Hiren Rhustavito, Chico pun menang.

"Saya berusaha untuk mengeluarkan semua yang sudah dilatih, mainnnya juga lebih tenang dan lebih sabar. Ini pertama kalinya saya jadi tunggal pertama di pertadingan beregu level senior, rasanya lebih berambisi untuk ambil poin, lebih ngotot mainnya," jelas Chico.

Namun, Tim Harimau berhasil menyamakan kedudukan 1-1 melalui pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang juga membuat kejutan dengan mengalahkan ganda nomor 1 dunia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dua game langsung 21-18, 21-17.

"Sebetulnya kekalahan Jonatan tidak diperkirakan, kami berharap Jonatan bisa menang kalau lihat dari rangking. Tapi di lapangan kan memang nggak ada yang tahu. Tadi kami nggak memikirkan kekalahan Jonatan, yang penting kami fight dan fokus sumbang poin," kata Fajar.

Di pertandingan resmi, kedua pasangan ini sudah sering bertemu dan saling mengalahkan. Skor sementara 5-3 untuk keunggulan Kevin/Marcus. Akan tetapi Kevin/Marcus takluk dari Fajar/Rian di dua pertemuan terakhir.

"Kami menerapkan pola main yang sama, hari ini kami lebih siap dari segi fokus dan semuanya, memang sudah disiapkan. Masih banyak yang perlu kami perbaiki, dari permainan depan, ketenangannya dan tidak boleh lengah di lapangan," jelas Rian, pemain asal PB Jaya Raya ini.

Tim Rajawali berbalik unggul 2-1 ketika Karono yang tampil di partai ketiga berhasil mengalahkan Firman Abdul Kholik dalam laga dua game 21-14, 21-10. Kemenangan tim Rajawali ditentukan oleh ganda putra Pramudya Kusumawardhana/Yeremia Erich Yoche Rambitan setelah berhasil mengalahkan Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira/Amri Syahnawi dengan skor 21-18, 21-13.

Sementara di laga kelima yang tak menentukan tunggal ketiga Tim Rajawali, Bobby Setiabudi harus mengakui keunggulan Christian Adinata hingga membuat kedudukan akhir 3-2 untuk keunggulan Tim Rajawali.

"Penampilan tim Rajawali sudah cukup baik, semangat juangnya sudah bagus. Untuk di pertandingan besok melawan tim Banteng, anak-anak sudah bertekad akan habis-habisan. Mereka maunya juara, harapannya kami bisa menang, walaupun skornya mepet," kata Thomas Indratjaja, pelatih ganda putra tim Rajawali.

Hasil pertandingan Tim Rajawali vs Harimau (3-2):
1.Jonatan Christie vs Chico Aura Dwi Wardoyo 21-19, 13-21, 14-21
2.Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon 21-18, 21-17
3.Karono vs Firman Abdul Kholik 21-14, 21-10
4.Pramudya Kusumawardhana/Yeremia Erich Yoche Rambitan vs Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira/Amri Syahnawi 21-18, 21-13
5.Bobby Setiabudi vs Christian Adinata 13-21, 21-15, 19-21. (MB-01)