Tim Putra Indonesia Atasi Kanada 5-0

Minggu, 20 Mei 2018 12:44:07

 

Majalahbulutangkis.com- Tim putra Indonesia sukses mengawali kiprahnya di putaran final Piala Thomas 2018 di Bangkok, Thailand, Minggu pagi (20/5) dengan gemilang. Tim lemah Kanada yang menjadi lawan pertama pun sukses dilibas Anthony Sinisuka Ginting dkk dengan skor telak 5-0.

Poin pertama untuk Indonesia dipersembahkan Anthony di babak penyisihan Grup B ini Jason Anthony Ho Shue dua game langsung 21-11, 21-18.

Saya nggak mau jadi beban karena turun pertama harus sumbang poin. Saya mau menikmati pertandingan saja. Karena mau tunggal pertama, kedua dan ketiga, sama aja tanggung jawabnya,” kata Anthony.

Tak banyak kesulitan yang dihadapi Anthony pada laga pembuka ini. Ia terus memimpin jalannya pertandingan di game pertama, hingga merebut angka 21-11.

Namun memasuki game kedua, Anthony mengaku harus beradaptasi dengan perubahan arah angin. Ia sempat tertinggal 3-8 dan 5-10, sebelum akhirnya menang 21-18.

“Dari pertama untuk kondisi angin sebenarnya sudah pas. Saya merasa kaya agak kalah angin sedikit. Dan dari lawan juga game pertama kurang lepas mainnya, banyak mati sendiri, kurang bagus dibanding game keduanya. Game kedua mungkin apa yang saya rasain sebelumnya, dia rasakan juga. Dari masalah angin, tadi ada beberapa poin yang mukulnya nggak terlalu kencang, tapi bola agak nyeleweng ke samping. Otomatis permainan saya berubah dari game pertama ke kedua,” jelas Anthony.

Poin kedua disumbangkan oleh ganda senior Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan yang juga menang mudah atas pasangan Jonathan Bing Tsan Lai/Duncan Yao dua game langsung 21-8, 21-15.

Kemenangan tim Indonesia dipastikan di partai ketiga lewat tunggal kedua Ihsan Maulana Mustofa yang menang telak melawan Antonio Li dua game langsung 21-6, 21-8.

Di partai keempat pasangan muda Muhammad Rian Ardianto/Fajar Alfian ikut menambah keunggulan tim Indonesia menjadi 4-0 setelah mengalahkan pasangan Jason Anthony Ho Shue/Nyi Yakura dua game langsung 21-17, 21-14.

Pemain muda Firman Abdul Kholik yang tampil di partai kelima akhirnya sukses melengkapi kemenangan Indonesia 5-0 setelah menundukkan Paul Antoine Dostie Guindon dengan skor telak 21-8, 21-11.

"Tadi saya mencoba lapangan, coba angin juga yang agak kencang ke kanan. Dari permainan sih nggak ada kendala apa-apa, cuma dari pikirannya aja lebih fokus lagi buat lawan Thailand dan Korea,” kata Firman.

Selanjutnya tim Thomas Indonesia akan berhadapan dengan Thailand pada Selasa (22/5). Jika kembali dipercaya turun, Firman berjanji untuk tampil lebih maksimal.

“Untuk selanjutnya, lebih dimatangkan di lapangan, jangan gampang buang poin. Kalau dipercaya untuk turun saya akan berusaha semaksimal mungkin buat tim, apalagi buat Indonesia,” ujar Firman. (MB-01)