Tim Indonesia Tantang Tim Jepang di Final

Sabtu, 23 Maret 2019 05:50:26

 

Majalahbulutangkis.com- Tim Indonesia akan menantang unggulan pertama Tim Jepang di babak semifinal ajang Badminton Asia Mixed Team Championships 2019 di Hong Kong. Sukses tim Merah Putih diperoleh setelah di laga perempat final Jumat (22/3) berhasil mengalahkan tim Singapura dengan skor telak 3-0.

Sukses tim Indonesia menghadapi Singapura ditentukan oleh tunggal putra Shesar Hiren Rhustavito yang tampil di partai ketiga dengan mengalahkan andalan Singapura, Loh Kean Yew dalam laga tiga game 17-21, 21-14 dan 21-7.

Sebelumnya dua poin untuk Indonesia diperoleh melalui kemenangan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan tunggal putri Ruselli Hartawan. Fajar/Rian yang tampil di partai pembuka berhasil menundukkan pasangan Loh Kean Hean/Toh Han Zhou: 21-16, 19-21, 21-19. Berikutnya Ruselli mengalahkan Yeo Jia Min 21-14, 21-18.

“Senang, Alhamdulillah bisa menang, membawa satu poin untuk Indonesia. Semoga kedepannya bisa lebih baik lagi, kalau dipercaya turun, saya ingin menyumbangkan poin terus,” kata Shesar.

Mengawali pertandingannya di game pertama, Shesar harus tertinggal 4-12 dari Loh. Shesar sempat mencoba mengubah strateginya, namun sayang jarak poin di game pertama sudah terlalu jauh.

“Start awal saya ketinggalan, dia langsung mempercepat permainan. Terus poinnya juga ketinggalan jauh, dari situ saya coba merubah strategi. Di game pertama strateginya sudah ketemu, tapi poin udah kejauhan. Jadi strategi tadi saya terapkan di game kedua dan tiga,” ujar atlet besutan PB Djarum tersebut.

Shesar dan Loh sebelumnya pernah sekali bertemu di Yonex Sunrise Indonesian Masters 2015. Namun kali itu Shesar kalah rubber game dengan skor 17-21, 21-15 dan 19-21.

“Tadi saya lebih ke persiapan mentalnya, saya mau tahan apa nggak. Karena tipenya dia kan menyerang dan reli. Jadi saya bersiap capek. Kuncinya di situ,” ungkap Shesar.

Unggul atas Singapura, di semifinal Sabtu (23/3) tim Indonesia akan menghadapi tim Jepang.  

“Peluang tetap ada. Karena kami lihat penampilan para atlet sejauh ini cukup bagus. Saya berharap mereka besok bisa main lebih bagus lagi, karena perlawanan mungkin akan lebih ketat. Jepang punya pemain bagus dan merata. Tapi kalau para atlet bisa all out, kami yakin peluang untung menang itu ada,” jelas Susy.

“Untuk strategi, besok kami akan lihat siapa yang lebih siap, itu yang akan diturunkan,” tambahnya.

Hasil Pertandingan Indonesia vs Singapura:
1. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Loh Kean Hean/Toh Han Zhou: 21-16, 19-21, 21-19
2. Ruselli Hartawan vs Yeo Jia Min: 21-14, 21-18
3. Shesar Hiren Rhustavito vs Loh Kean Yew: 17-21, 21-14, 21-7
4. Ni Ketut Mahadewi Istarani/Rizki Amelia Pradipta vs Lim Ming Hui/Putri Sari Dewi Citra: (tidak dimainkan)
5. Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow vs Danny Bawa Chrisnanta/Tan Wei Han: (tidak dimainkan) (MB-01)