Tanpa Peringkat Dunia Ester Masuk Tim Piala Sudirman Indonesia

Senin, 13 September 2021 19:02:30

 

Majalahbulutangkis.com- Pebulutangkis muda Ester Nurumi Tri Wardoyo secara mengejutkan masuk dalam skuad tim Indonesia yang akan bertarung di ajang Piala Sudirman 2021 di Vantaa, Finlandia, 26 September – 3 Oktober 2021 mendatang.

Ester yang merupakan pemain binaan PB.Exist Jakarta ini termasuk satu diantara 20 pemain yang akan membela tim Merah Putih di ajang beregu campuran tersebut. Skuad Indonesia terdiri 11 atlet putra dan 9 atlet putri. Tunggal putra, tunggal putri dan ganda putra masing-masing membawa tiga wakil, sementara ganda putri dan ganda campuran dua wakil.

Masuknya Ester dalam skuad Merah Putih di ajang Piala Sudirman memang cukup menimbulkan tanda tanya. Pasalnya dari peringkat senior BWF Ester belum memiliki peringkat dunia. Sedangkan untuk kelompok yunior saat ini Ester berada di peringkat 141 yunior dunia.

Esther yang kelahiran Jayapura, Papua, 26 Agustus 2004 adalah adik kandung dari Chico Aura Dwi Wardoyo yang saat ini juga menghuni Pelatnas PBSI di nomor tunggal putra.

Nama Esther sempat melejit ketika mengalahkan tunggal putri terbaik Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung dalam laga tiga game 21-12, 13-21, 21-11 saat simulasi jelang Olimpiade Tokyo 2020. Namun, ironisnya saat simulasi Piala Sudirman, pekan lalu, Esther justru dibuat tak berkutik melawan sesame pemain muda Saifi Nurhidayah dua game langsung 13-21, 23-25.

Selain Ester, di nomor tunggal putri akan diisi dua pemain lainnya masing-masing Gregoria Mariska Tunjung (21 BWF) dan Putri Kusuma Wardani (136 BWF). Yang cukup mengejutkan Ruselli Hartawan yang saat ini menduduki peringkat 42 BWF justru tergusur.

"Untuk tim Piala Sudirman ini memang dasarnya sudah dipilih dari pemain-pemain terbaik. Kami melihat kesiapan mereka baik di latihan maupun di simulasi lalu. Memang ada pemain yang tidak menang di simulasi tapi secara permainan mereka sudah sangat baik. Tidak mengecewakan. Itu jadi penilaian kami juga," kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Rionny Mainaky.

"Di sisa waktu ini, kami fokus menggenjot persiapan mereka. Baik fisik maupun teknik untuk meningkatkan performa mereka. Saya sudah sampaikan ke semua sektor bahwa kita jangan lengah dan harus siap. Semoga kita bisa mendapatkan hasil terbaik," lanjutnya.

Rionny menjelaskan alasan PBSI menunjuk beberapa pemain muda untuk masuk ke dalam skuad di antaranya Putri Kusuma Wardani (tunggal putri), Ester Nurumi Tri Wardoyo (tunggal putri), dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (ganda campuran).

"Putri dan Rinov/Pitha sudah membuktikan diri dengan juara Spain Masters kemarin. Secara teknis dan kemampuan juga mereka bagus dan saya rasa mereka sudah siap untuk turun di ajang beregu," jelas Rionny.

"Untuk Ester, dia kan pemain menyerang, saya rasa ini bisa menjadi tekanan untuk lawan apalagi permainannya belum banyak diketahui lawan. Selain itu, ini semua juga jadi bagian dari program regenerasi dan pengalaman buat mereka," kilah Rionny.

Tim Piala Sudirman Indonesia:

Putra:
Anthony Sinisuka Ginting
Jonatan Christie
Shesar Hiren Rhustavito
Marcus Fernaldi Gideon
Kevin Sanjaya Sukamuljo
Mohammad Ahsan
Hendra Setiawan
Fajar Alfian    
Muhammad Rian Ardianto
Praveen Jordan
Rinov Rivaldy

Putri:
Gregoria Mariska Tunjung
Putri Kusuma Wardani
Ester Nurumi Tri Wardoyo
Greysia Polii
Apriyani Rahayu
Ribka Sugiarto
Siti Fadia Silva Ramadhanti
Melati Daeva Oktavianti
Pitha Haningtyas Mentari  (MB-01)