Tak Masuk Tim AG 2018, Tommy Hanya Bisa Berdoa

Jumat, 06 Juli 2018 07:26:02

 

Majalahbulutangkis.com- Pebulutangkis tunggal putra senior Indonesia, Tommy Sugiarto hanya bisa pasrah ketika namanya tak termasuk dalam daftar tim Merah Putih yang akan berlaga di pentas Asian Games XVIII 2018 yang akan berlangsung di Jakarta-Palembang, 18 Agustus-2 September 2018 mendatang.

PBSI sendiri sejak 30 Juni 2018 lalu telah merilis 20 nama yang terdiri dari 10 putra dan 10 putri yang masuk dalam skuad Indonesia di Asian Games 2018. Dari sektor tunggal putra akan diisi oleh tiga pemain, masing-masing Anthony Sinisuka Ginting (11 BWF), Jonathan Christie (12 BWF), serta Ihsan Maulana Mustofa (44 BWF).

Wajar, jika muncul pertanyaan mengapa Tommy yang saat ada di peringkat 16 BWF tidak disertakan mengingat secara peringkat posisinya di tempat ketiga di atas Ihsan Maulana Mustofa. Tim putra Indonesia pun dipastikan tampil tanpa pemain cadangan saat berlaga di nomor beregu yang memainkan 3 partai tunggal dan 2 ganda putra.

"Kalau bicara keinginan siapa sih yang tidak mau bermain di event sebesar Asian Games, apalagi ini di kandang sendiri. Jika tampil pun ini akan menjadi Asian Games terakhir buat saya. Tapi, semua keputusan ada di tangan PBSI," ujar Tommy beberapa waktu lalu.

Pemain berusia 30 tahun ini memang bukan tanpa bekal di tengah impiannya tampil di Asian Games 2018. Pekan lalu di Malaysia Open 2018, Tommy menjadi satu-satunya tunggal putra Indonesia yang bertahan hingga ke semifinal sebelum diganjal Lee Chong Wei (Malaysia). Pekan ini di Indonesia Open 2018 Tommy pun menjadi satu-satunya tunggal putra yang berhasil lolos ke perempat final.

"Saat ini saya hanya bisa mendoakan untuk tim bulutangkis Indonesia bisa meraih prestasi yang terbaik di depan publik sendiri. Bagi saya sudah cukup puas bisa merasakan tampil di Istora Senayan dengan kondisinya yang sudah baru seperti saat ini di ajang Indonesia Open," tukas Tommy usai mengalahkan Chou Tien Chen di babak kedua.

Ia berharap bisa melangkah lebih jauh meski disadari lawannya di perempat final Kento Momota (Jepang) bukanlah lawan sembarangan. Pemain terbaik Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting sudah merasakan kehebatan Kento. Setidaknya dalam dua pekan beruntun Kento membuat Anthony tekuk lutut. Setelah pekan lalu menang di Malaysia Open, berikutnya Kento menang lagi di babak kedua Indonesia Open dengan skor 21-14, 21-15, Kamis (5/7).

"Saya akan coba memberikan perlawanan yang terbaik walau sebetulnya engkel kaki saya agak terganggu," ujar Tommy.

Saat menghadapi Chou Tien Chen di babak kedua Tommy memang sempat terpeleset hingga engkel kaki kanannya cedera, tapi ia masih mampu melanjutkan perlawanan hingga meraih kemenangan. (Daryadi)

Skuad Indonesia di Asian Games XVIII 2018

Beregu Putra:
1.Jonatan Christie
2.Anthony Sinisuka Ginting
3.Ihsan Maulana Mustofa
4.Kevin Sanjaya Sukamuljo
5.Marcus Fernaldi Gideon
6.Fajar Alfian
7.Muhammad Rian Ardianto
8.Mohammad Ahsan
9.Tontowi Ahmad
10.Ricky Karanda Suwardi

Beregu Putri:
1.Fitriani
2.Gregoria Mariska Tunjung
3.Ruselli Hartawan
4.Greysia Polii
5.Apriyani Rahayu
6.Della Destiara Haris
7.Rizki Amelia Pradipta
8.Ni Ketut Mahadewi Istarani
9.Liliyana Natsir
10.Debby Susanto

Perorangan:
Tunggal Putra
1.Jonatan Christie
2.Anthony Sinisuka Ginting
 
Tunggal Putri
1.Fitriani
2.Gregoria Mariska Tunjung

Ganda Putra
1.Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon
2.Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto

Ganda Putri
1.Greysia Polii/Apriyani Rahayu
2.Rizki Amelia Pradipta/Della Destiara Haris

Ganda Campuran
1.Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir
2.Ricky Karanda Suwardi/Debby Susanto