Taiwan Open 2019: Empat Wakil Indonesia ke Semifinal

Sabtu, 07 September 2019 06:54:51

 

Majalahbulutangkis.com- Kubu Indonesia berhasil meloloskan empat wakilnya ke babak semifinal ajang bulutangkis Taiwan Open 2019 di Taipei. Keempat wakil Merah Putih tersebut masing-masing Shesar Hiren Rhustavito di tunggal putra, Greysia Polii/Apriyani Rahayu dan Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto di ganda putri, serta Hafiz Faizal/Gloria Emanuella Widjaja di ganda campuran.

Shesar dijadwalkan akan menantang unggulan teratas sekaligus andalan tuan rumah Taiwan, Chou Tien Chen di semifinal Sabtu (7/9). Sebelumnya di perempat final Jumat (6/9) Shesar menyisihkan pemain senior Thailand, Tanongsak Saensomboonsuk dalam laga tiga game 26-24, 18-21, 21-11.

Di laga lain, ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu yang menempati unggulan teratas juga tampil cemerlang di perempat final dengan mengalahkan Ayako Sakuramoto/Yukiko Takahata (Jepang) dua game langsung 21-14, 21-16 dalam 43 menit.

“Kami sudah pernah berhadapan sebelumnya, jadi sudah mempelajari pola permainan mereka. Kuncinya lebih tenang, fokus poin per poin. Mau kami lebih unggul pun nggak boleh sampai lengah,” kata Apriyani.

Tembus keempat besar, Greysia/Apriyani kemudian akan berhadapan dengan Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai (Thailand). Di atas kertas, Greysia/Apriyani lebih diunggulkan menang dengan rangking lima dunia, sementara lawannya di posisi sebelas dunia. Dalam rekor pertemuannya sejauh ini pun, Greysia/Apriyani unggul 4-0 dari Kititharakul/Prajongjai.

“Persiapannya lebih ke diri masing-masing dulu. Nggak mau mikir banyak soal permainan. Karena itu akan keluar sendiri di lapangan, mau main seperti apa. Pokoknya siap capek dan konsentrasi lawan siapa pun,” ujar Apriyani.

Tak kalah cemerlang penampilan pasangan ganda putri muda Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto yang sukses meraih semifinal pertamanya di level BWF Super 300. Di perempat final mereka sukses mempecundangi pasangan terbaik Korsel yang menempati unggulan kedua Lee So Hee/Shin Seung Chan dalam laga tiga game 21-19, 13-21, 21-17.

Lawan mereka di semifinal adalah pasangan Korsel lainnya yang menempati unggulan ketiga Kim So Yeong/Kong Hee Yong.

Di laga lainnya andalan Indonesia di ganda campuran, Hafiz/Gloria yang menempati unggulan ketiga akan menantang unggulan kedua Seo Seung Jae/Chae Yujung (Korsel). Sebelumnya Hafiz/Gloria menyisihkan unggulan kelima Nipitphon Phuangphuapet/Savitree Amitrapai (Thailand) 21-14, 21-14.

Sementara beberapa andalan Indonesia yang gagal meneruskan langkahnya ke semifinal, masing-masing Gregoria Mariska Tunjung, Fitriani (tunggal putri), Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (ganda campuran), serta Fajar Alfian/M.Rian Ardianto (ganda putra). (MB-01)