SKO Ragunan Gelar Pra-Seleksi Siswa Baru

Kamis, 13 Febuari 2020 19:11:05

 

Majalahbulutangkis.com-  Untuk pertama kalinya Sekolah Khusus Olahraga (SKO) Ragunan menjaring calon murid barunya dengan menggelar audisi yang diadakan di Gelanggang Remaja Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, 13-14 Februari 2020.

Menurut Luluk Hadiyanto, mantan pebulutangkis nasional yang juga Pelatih Kepala SKO Ragunan, ajang ini sesungguhnya baru merupakan tahapan pra-seleksi untuk menjaring calon murid baru SKO Ragunan untuk tahun ajaran baru mendatang. Di luar dugaan peserta yang mendaftar sebanyak 245 atlet, namun yang hadir ke lokasi audisi tercatat 222 atlet.

Yang menarik, calon siswa baru SKO Ragunan ini datang dari berbagai daerah di Indonesia, antara lain Bangka Belitung, Pontianak, Mamuju, Makassar, Manado, Solok, Banjarmasin, serta kota-kota di seluruh Pulau Jawa. Sebelumnya seleksi calon siswa baru SKO Ragunan dilakukan oleh para pelatih dengan terjun langsung ke lapangan mencari bibit-bibit potensial.

"Padahal kami tidak melakukan promosi besar-besaran. Pemberitahuan hanya kami sebarkan lewat media sosial, ternyata yang berminat cukup banyak," jelas Luluk Hadiyanto.

Ironisnya daya tampung untuk calon murid baru SKO Ragunan sangat terbatas. Asdep Pengelolaan Pembinaan Sentra dan SKO Kemenpora, Bayu Rahadian mengatakan kuota atlet bulutangkis di SKO Ragunan adalah 10 pemain putra dan 10 putri yang meliputi SMP dan SMA. Jumlah ini 10 persen dari total 200 atlet yang ada dari 15 cabang olahraga.

"Untuk seleksi ini khusus bulu tangkis saja. Hasil seleksi kali ini untuk mengisi slot atlet yang sudah lulus. Masing-masing empat untuk putra dan dua untuk putri," ujar Bayu Rahadian.

Sesuai dengan rencana seleksi ini akan tuntas pada Maret. Selanjutnya atlet terpilih akan menjalani pelatihan dan pendidikan sesuai dengan program dan kurikulum yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Ditambahkan oleh Uswan Firmansyah, pelatih SKO Ragunan, hasil pra-seleksi ini selanjutnya akan menjalani seleksi akhir sebelum semuanya akan menjalani pelatihan berikut pendidikan di SKO Ragunan. Mereka akan dibiayai penuh oleh Pemerintah dalam hal ini Kemenpora.

SKO Ragunan memang makin menarik perhatian para atlet bulutangkis untuk melanjutkan pendidikan formal sekaligus berlatih bulutangkis. Hasil binaan SKO Ragunan juga terbukti mampu bersaing dengan para pemain dari klub-klub besar. Salah satu pebulutangkis yang saat ini menghuni Pelatnas Utama Tunggal Putra, Ihsan Leonardo Imanuel Rumbay merupakan atlet yang pernah dididik di SKO Ragunan. (Daryadi)