Singapore Open 2019: Tiga Tunggal Putra Indonesia Kandas di Kualifikasi

Rabu, 10 April 2019 05:55:30

 

Majalahbulutangkis.com- Tiga tunggal putra Indonesia kandas di babak kualifikasi ajang bulutangkis Singapore Open 2019 di Singapore Indoor Stadium, Singapore. Tiga pemain tersebut masing-masing dua dari Pelatnas PBSI, Shesar Hiren Rhustavito dan Ihsan Maulana Mustofa, serta satu pemain non Pelatnas Sony Dwi Kuncoro.

Shesar terhenti saat berhadapan dengan Tanongsak Saensomboonsuk (Thailand) di babak final kualifikasi, Selasa (9/4) dalam laga tiga game 21-10, 16-21, 13-21. Shesar tak bisa mengulang sukses seperti dua pertemuan sebelumnya dengan Saensomboonsuk, yaitu pada Badminton Asia Championships 2013 dan Vietnam Open 2016.

“Tadi di game pertama saya sudah benar mainnya, dengan pola saya dan lawan juga kesulitan mengatasinya. Tapi di game kedua lawan merubah pola main, dan saya tidak bisa keluar dari tekanannya. Sampai di game ketiga juga masih begitu. Pelatih sudah memberi masukan untuk ubah pola main, tapi saya terlambat melakukannya,” jelas Shesar.
 
Sementara itu, Ihsan juga dipastikan tak berhasil menembus babak utama turnamen ini. Ihsan kalah di babak pertama kualifikasi usai bertemu Sitthikom Thammasin (Thailand). Ihsan kalah dua game langsung dengan 14-21, 10-21.

Selain kedua pemain tersebut, nama pebulutangkis profesional Sony Dwi Kuncoro juga harus pulang lebih awal. Sony memutuskan mundur di tengah pertandingan dengan Yu Igarashi (Jepang) dengan skor 21-19, 14-21, 3-4.

Dengan demikian tunggal putra kini tinggal diwakili oleh tiga pemain, yaitu Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie dan Tommy Sugiarto. Ketiganya langsung lolos ke babak utama.

Di babak pertama Anthony yang menempati unggulan ketujuh ditantang Wang Tzu Wei (Taiwan), Jonatan melawan Khosit Phetpradab (Thailand), serta Tommy kembali diuji Lu Guangzu, pemain muda Tiongkok yang mempecundanginya di Malaysia Open pekan lalu. (MB-01)