Sekali Lagi Tanpa Gelar di Indonesia Open

Senin, 19 Juni 2023 12:05:08

Majalahbulutangkis.com- Kubu Indonesia kembali harus gigit jari di kandang sendiri di ajang bulutangkis paling bergengsi Indonesia Open 2023 di Istora Senayan, Jakarta, setelah tak satupun gelar yang berhasil direbut di turnamen level Super 1000 berhadiah total 1.250.000 dolar AS ini.

Ini adalah dua tahun beruntun para pemain Indonesia tak berhasil memenangkan gelar di turnamen yang sudah digelar sejak tahun 1982 ini. Tahun lalu, bahkan, lebih menyedihkan karena tak ada satu pun wakil Indonesia yang berhasil mencapai semifinal.

Peluang untuk menjadi juara sebetulnya dimiliki tunggal putra terbaik Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting yang berhasil melaju ke babak final. Namun di laga puncak Minggu petang  (18/6), Ginting kembali dibuat tak berkutik melawan pemain nomor 1 dunia Viktor Axelsen dari Denmark dua game langsung 14-21, 13-21 dalam waktu 47 menit.

Dengan hasil tersebut menambah rekor menang kalah kedua pemain menjadi 12-4 untuk keunggulan Axelsen. Namun, yang menyakitkan kekalahan di final Indonesia Open menjadi kekalahan ke-10 beruntun yang dialami Ginting dari Axelsen.

Usai pertandingan Ginting mengakui tidak mudah mengalahkan Axelsen, terlebih dua pekan beruntun ia harus bertarung penuh hingga ke final sejak pekan sebelumnya menjuarai Singapore Open Super 750.

“Saya bersyukur bisa menjalani laga back to back tanpa mengalami cedera. Saya akui Axelsen mampu memanfaatkan tinggi badan dan jangkauanya yang panjang di laga ini. Saya merasa permainan saya juga sudah bisa dibaca. Ke depan saya akan terus berbenah untuk mencari celah kelemahan Axelsen,” ungkap Ginting.

Sementara pada pertandingan lainnya, tunggal putri terbaik China, Chen Yu Fei berhasil keluar sebagai juara setelah mengalahkan pemain senior Spanyol, Carolina Marin dua game langsung 21-18, 21-19.

China masih menambah satu gelar lainnya dari nomor ganda campuran lewat pasangan Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong yang berhasil mengalahkan pasangan andalan Jepang, Yuta Watanabe/Arisa Higashino dua game langsung 21-14, 21-11.

Di laga final lainnya, pasangan ganda putra India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty sukses merebut gelar pertamanya di Indonesia sekaligus di level Super 1000 setelah mengalahkan Aaron Chia/Soh Woy Yik dari Malaysia dalam laga dua game 21-17, 21-18.

Sedangkan gelar ganda putri jadi milik pasangan Korea, Baek Ha Na/Lee So Hee setelah di final mengalahkan pasangan Jepang, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota dua game langsung 22-20, 21-10. (dar)