SEA Games 2019: Indonesia Loloskan Tiga Wakil ke Final

Minggu, 08 Desember 2019 19:47:59

 

Majalahbulutangkis.com- Kontingen bulutangkis Indonesia berhasil meloloskan tiga wakilnya ke babak final ajang SEA Games XXX 2019 di Manila, Filipina. Ketiga wakil tersebut masing-masing Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (ganda campuran), Ruselli Hartawan (tunggal putri), dan Greysia Polii/Apriyani Rahayu (ganda putri).

Praveen/Melati yang menempati unggulan teratas menjadi wakil pertama Merah Putih yang lolos setelah di semifinal Minggu (8/12) mengalahkan pasangan unggulan ketiga asal Malaysia, Tan Kiang Meng/Lai Pei Jing dua game langsung 21-16, 21-18.

Di laga final Senin (9/12), Praveen/Melati akan menghadapi pasangan unggulan kedua Goh Soon Huat/Shevon Jemie Lai. Di semifinal pasangan Malaysia ini mengandaskan harapan pasangan muda Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari lewat laga sengit selama tiga game 18-21, 21-11, 24-22.

Tiket berikutnya diraih Ruselli Hartawan di tunggal putri. Lewat laga selama tiga game Ruselli berhasil mengalahkan unggulan pertama Pornpawee Chochuwong (Thailand) 21-16, 10-21, 21-18.

“Puji Tuhan banget bisa menang, karena nggak menyangka sama sekali. Saya senang banget, banget. Karena di akhir tahun bisa sampai ke final. Tadinya saya nggak ada bayangan bisa sampe ke final di perorangan ini. Pertandingan tahun ini saya belum ada yang bagus. Jadi bisa dibilang ini ajang pembuktian buat saya. Tapi nggak mau cepat puas, karena di sini kan baru level Asean sja, semoga kedepannya bisa lebih baik lagi,” ungkap Ruselli usai laganya.

Keikutsertaan Ruselli di nomor perorangan memang diputuskan pada saat-saat terakhir. Ia akhirnya dipasang main, untuk menggantikan Fitriani yang mengalami cedera. Di laga final Ruselli akan menghadapi pemain muda Malaysia, Selvaduray Kisona yang mengalahkan unggulan kedua Nitchaon Jindapol (Thailand) 11-21, 27-25, 21-14.

“Buat laga final melawan Kisona saya mau jaga badan saja supaya lebih fit dari saat ini dan jaga penampilannya,” katanya lagi.

Sementara tiket ketiga diraih pasangan ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu setelah di semifinal mengalahkan Vivian Hoo/Yap Cheng Wen (Malaysia) dengan skor 21-18, 21-19.

Kemenangan ini menambah catatan keunggulan Greysia/Apriyani  atas Hoo/Yap menjadi 2-0. Sebelumnya Greysia/Apriyani mengalahkan Hoo/Yap di Denmark Open 2019 lalu.

“Puji Tuhan kami bisa memenangkan pertandingan. Ini tidak mudah karena kami harus bisa fokus terus di lapangan,” kata Greysia usai laganya di Muntinlupa Sports Complex, Filipina.

“Seperti yang saya bilang kemarin, Malaysia ini ada pola yang harus kami atasi. Selain itu dari bolanya juga masih aneh-aneh lagi arahnya. Itu yang harus kami antisipasi dari awal,” jelas Apriyani.

Di final, Greysia/Apriyani sudah ditunggu Chayanit Chaladchalam/Phataimas Muenwong (Thailand). Peluang Greysia/Apriyani terbuka lebar dengan keunggulan 3-0 dalam rekor pertemuannya. Selain itu Greysia/Apriyani yang merupakan unggulan satu, juga lebih diunggulkan menang dibanding dengan Chaladchalam/Muenwong. (MB-01)