Putri KW Pecundangi Tiga Seniornya di Simulasi Piala Uber

Jumat, 11 September 2020 19:11:23

 

Majalahbulutangkis.com- Tunggal putri masa depan Indonesia, Putri Kusuma Wardani sukses tak terkalahkan di ajang simulasi Mola TV PBSI Thomas & Uber Cup 2020 di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta Timur, 9-11 September 2020. Putri yang memperkuat tim Harimau mencatat tiga kemenangan melawan senior-seniornya.

Di laga pertama, ia mengalahkan Ruselli Hartawan dari tim Banteng dengan skor 21-14, 21-17. Berikutnya menang atas Gregoria Mariska Tunjung dari tim Garuda lewat permainan rubber game dengan skor 21-17, 5-21, 21-18. Pada pertandingan hari ketiga Jumat (11/9), Putri kembali menyumbang angka untuk timnya setelah mengalahkan Fitriani dengan skor 21-9, 24-22.

Permainan berdurasi selama 61 menit ini berakhir dengan dramatis, Fitriani hampir saja memaksakan dimainkannya game ketiga saat berhasil menyusul perolehan poin Putri.

"Di game kedua, kak Fitri mainnya berubah, seperti lebih tahan. Di game pertama dia mainnya cepat, tetapi di game kedua mainnya ngambang dan memaksa saya untuk lari mengejar bola," kata Putri tentang seniornya di PB.Exist tersebut.

"Kuncinya tadi fokus saja sama lebih tenang, jangan buru-buru, soalnya kalau buru-buru pasti kacau mainnya," lanjut Putri.

Putri mengatakan bahwa tiga kemenangan yang diraihnnya selama simulasi karena ia bisa bermain lepas saat melawan seniornya yang lebih diunggulkan. Pemain kelahiran 20 Juli 2002 ini pun mengaku siap untuk bersaing di turnamen kelas dewasa.

Sayanganya, kemenangan Putri di partai pertama tak diikuti oleh rekan-rekannya. Empat partai berikutnya berhasil dimenangkan oleh para pemain tim Rajawali. Alhasil, tim Harimau harus mengakui keunggulan tim Rajawali dengan skor 1-4.

Kepala Pelatih Ganda Putri PBSI Eng Hian mengapresiasi penampilan para pemain putri di ajang Mola TV PBSI Thomas & Uber Cup Simulation 2020.

"Kualitas simulasi Piala Uber ini cukup bagus, semua pemain bisa menampilkan performa yang luar biasa. Dilihat dari daya juang, skor, pemain bisa menampilkan semua kemampuannya, luar biasa," kata Eng.

Eng tidak menyangka timnya bisa menang dengan skor 4-1 mengingat semua tim punya kekuatan yang merata. Kedua ganda putri tim Rajawali juga mampu menuntaskan tugas dengan baik dengan menyumbang dua angka kemenangan di laga ketiga hari ini.

Ribka Sugiarto/Siti Fadia Silva Ramadhanti dan Melani Mamahit/Tryola Nadia menyumbang angka untuk tim Rajawali. Dari nomor tunggal, Saifi Rizka Nur Hidayah dan Komang Ayu Cahya Dewi juga mencetak kemenangan untuk tim Rajawali.

"Pertandingan hari ini sebetulnya di luar perkiraan, secara kapasitas seharusnya malah ganda kedua lawan lebih unggul, tapi Melani/Tryola bisa membalikkan situasi dan sumbang poin," komentar Eng soal duel Melani/Tryola melawan Agatha Imauella/Nita Violina Marwah.

"Kalau soal Fadia/Ribka, dilihat dari tiga penampilan, mereka cukup konsisten, bisa jaga kualitas. Dengan absennya pasangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu sebagai ganda utama, otomatis Fadia/Ribka menjadi unggulan nomor satu, dan mereka bisa menunjukkan kualitas mereka," tutur Eng.

Sementara itu, Komang Ayu Cahya Dewi mencatat hasil yang baik selama simulasi Piala Uber dengan tidak terkalahkan di semua pertandingan. Pada dua pertandingan sebelumnya, Komang mengalahkan Aisyah Sativa Fatetani dari tim Garuda dan Ester Nurumi Tri Wardoyo dari tim Banteng.

 "Saya senang bisa mennyumbang angka untuk tim, dan semua yang dilatih selama ini bisa saya keluarkan. Tadi cari satu poin itu susah sekali, jadi saya coba jalan cari satu poin dulu, yang lainnya baru saya pikirkan setelahnya," kata Komang yang banyak belajar soal kerjasama tim selama simulasi Piala Uber ini.

Hasil pertandingan Rajawali vs Harimau (4-1)
1.Fitriani vs Putri Kusuma Wardani 9-21, 22-24
2.Ribka Sugiarto/Siti Fadia Silva Ramadhanti vs Febriana Dwipuji Kusuma/Putri Syaikah 21-19, 21-13
3.Saifi Rizka Nur Hidayah vs Tasya Farahnailah 17-21, 21-14, 23-21
4.Melani Mamahit/Tryola Nadia vs Agatha Imanuela/Nita Violina Marwah 21-14, 21-17
5.Komang Ayu Cahya Dewi vs Bilqis Prasista 21-9, 21-18. (MB-01)