Pembangunan Jaya Cup 2017, Djarum Susah Payah Atasi Exist

Jumat, 17 Nov 2017 13:59:03

 

Majalahbulutangkis.com- Seperti yang diduga, pertandingan terakhir penyisihan grup A kejuaraan bulutangkis beregu campuran junior Pembangunan Jaya Cup VII/2017 berlangsung sengit. Lewat laga yang ketat dan menarik, Djarum Kudus harus mengeluarkan seluruh kemampuan terbaik sebelum akhirnya mengalahkan Exist Jakarta Utara dengan skor 3-2.

Pertemuan antara unggulan pertama Exist dan unggulan 3-4, Djarum memang diprediksi berjalan ketat. Ini karena materi pemain kedua klub itu terbilang merata dan memiliki kemampuan yang seimbang. Tak pelak, pertandingan yang berlangsung di GOR PB Jaya Raya, Bintaro, Tangerang Selatan, Kamis (17/11) sore berlangsung seru.

Kejar-kejaran poin pun terus terjadi. Kecuali di tunggal putri, empat partai lainnya berlangsung dalam tiga gim. Ini menunjukkan bagaimana meratanya kekuatan pemain kedua tim tersebut. Namun, akhrinya Djarum yang tampil sebagai pemenang dan mengantarkan klub asal Kudus ini memuncaki klasemen akhir grup A.

“Seperti janji saya sebelumnya, kami tidak mau menyimpan tenaga. Pokoknya, pemain yang terkuat harus tampil. Toh bagi pemain-pemain junior, yang terpenting ajang ini bisa menambah pengalaman. Mereka harus terus diberi kesempatan bertanding sebanyak-banyaknya,” aku Antonius Budi Ariantho, pelatih PB Djarum.

Djarum mengawali kemenangan dari sektor ganda putra yang disumbangkan Leo Rollycarnando/Pramudya Kusumawardana dengan mengatasi perlawanan Ade Bagus Sapta Ramadhany/Timoti Wuisan, 15-21, 21-18, 23-21. Finalis tahun 2016 ini menambah keunggulan menjadi 2-0 setelah di tunggal putri, Silvi Wulandari menang 21-12, 16-2 atas Putri Ayu Desiderianti. Laga ini tidak dilanjutkan karena Putri cedera.

Exist, klub yang baru berumur enam tahun kembali memiliki harapan setelah di tunggal putra, Gatjra Piliang Fiqihilahi Cupu berhasil mengatasi permainan Ikhsan Leonardo Emanuel Rumbay. Lewat pertandingan tiga gim, Gajtra menang 21-19, 7-21, 21-13 yang membuat skor menjadi 1-2.

Di partai keempat yang memanggungkan ganda putri, Febby Valencia Dwijayanti Gani/Lisa Ayu Kusumawati memastikan kemenangan Djarum 3-1 usai mengalahkan Nita Violina Marwah/Putri Syaikah Ulima Hidayat, 26-28, 21-13, 21-15.

Di partai kelima, pasangan ganda campuran Renaldi Samosir/Hediana Julimarbela menipiskan kekalahan Exist menjadi 2-3 setelah menekuk Pramudya Kusumawardhana/Indah Cahya Sari Jamil, 21-18, 16-21, 21-17.

“Berapa pun skornya, melawan Djarum pasti ketat. Ini karena kemampuan pemain Exist dan Djarum memang setara,” aku pelatih PB Exist, George Rimarcdi.

Dengan hasil ini, maka posisi pertama grup A diduduki Djarum, menyusul kemudian Exist di peringkat kedua yang sebelumnya masing-masing menang 5-0 atas Fifa BC Sidoarjo dan CWIBC Tangerang Selatan. Djarum dan Exist pun lolos ke semifinal. Sementara kemenangan CWIBC 3-2 atas Fifa BC, mengantarkan klub milik Candra Wijaya itu harus puas berada di peringkat ketiga. (MB-01)