New Zealand Open 2019: Jonatan Raih Gelar BWF Pertama

Minggu, 05 Mei 2019 14:49:31

 

Majalahbulutangkis.com- Tunggal putra andalan Indonesia, Jonatan Christie sukses meraih podium pertamanya di turnamen BWF World Tour. Sukses Jonatan ditandai dengan kemenangannya di final ajang bulutangkis New Zealand Open 2019 di Auckland, Selandia Baru, Minggu (5/5).

Menghadapi pemain terbaik Hong Kong, Ng Ka Long Angus, penampilan Jonatan begitu meyakinkan hingga ia menang dalam laga dua game langsung 21-12, 21-13. Hasil ini pun memperbaiki capaian yang diraih Jonatan pada tahun lalu di kejuaraan ini, ia menjadi runner up setelah dikalahkan Lin Dan (Tiongkok).

Selain dari Jonatan, kubu Indonesia juga meraih gelar lainnya dari nomor ganda putra melalui pasangan senior  Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan. Di babak final yang berlangsung siang ini, Hendra/Ahsan menaklukkan Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe (Jepang), dengan skor 20-22, 21-15, 21-17.

Jonatan tampil baik di laga final, permainannya rapi dan cenderung minim kesalahan sendiri. Hal ini membuat Ng tak dapat mengembangkan permainannya dan banyak melakukan kesalahan beruntun.

"Saya melihat kondisi kaki lawan sepertinya tidak enak kalau dilari-lariin. Jadi saya sengaja membuat dia lari ke sudut lapangan, mungkin ini yang bikin dia nggak enak mainnya. Saya juga nggak mau buru-buru menyerang, karena kalau di-smash terus, pertahanannya bagus, makanya saya coba chop silang kiri-kanan, depan-belakang," jelas Jonatan yang kini duduk di peringkat sembilan dunia.

"Di turnamen ini, saya mencoba kembali ke penampilan saya di Malaysia dan Singapore Open kemarin. Apalagi sekarang sudah mulai pengumpulan poin ke olimpiade. Saya berusaha tampil enjoy, rileks, nggak mikirin harus menang, harus dapet poin sekian sekian. Saya fokus partai demi partai, nggak mikirin babak nanti-nantinya, yang hari itu saja dulu," jawab Jonatan ketika ditanya soal penampilannya yang stabil dari babak awal.

Kemenangan ini tak hanya menjadi bekal bagi Jonatan untuk berada di jajaran atas peringkat dunia tunggal putra, tapi juga memperbaiki rekor pertemuannya dengan Ng. Dua pertemuan pertama berhasil dimenangkan Jonatan atas Ng, namun Ng unggul dalam empat pertemuan terakhir.

"Jelang olimpiade, saya fokus ambil poin sebanyak mungkin di tiap turnamen yang saya ikuti, jangan sampai sia-siakan kesempatan yang sudah dikasih oleh PBSI. Kalau untuk rangking, saya maunya di Top 8 biar jadi unggulan kalau nanti bisa lolos ke olimpiade," ujar peraih medali emas Asian Games 2018 ini.

Sayangnya sukses Jonatan dan Hendra/Ahsan tak diikuti satu wakil Indonesia lainnya di nomor ganda campuran melalui pasangan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti yang takluk di tangan Chan Peng Soon/Goh Liu Ying (Malaysia), dengan skor dramatis, 14-21, 21-16, 27-29. (MB-01)