Lima Wakil Indonesia Belum Terkalahkan

Sabtu, 24 Juli 2021 20:14:15

 

Majalahbulutangkis.com- Lima wakil Indonesia yang berlaga di hari pertama cabang olahraga bulutangkis ajang Olimpiade Tokyo 2020 dimainkan di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Sabtu (24/7), seluruhnya sukses diakhiri dengan kemenangan.

Setelah ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu, kemenangan berikutnya dicatat masing-masing oleh Jonatan Christie, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Jonatan hanya memerlukan waktu 30 menit untuk menyudahi perlawanan Aram Mahmoud asal Suriah di laga pembuka Grup G dengan kemenangan menang straight game 21-8, 21-14.

Sementara wakil ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti harus bertarung rubber game sebelum menang atas pasangan Australia, Simon Leung Wing Hang/Gronya Somerville. Jordan/Melati menang dengan skor 20-22, 21-17, 21-13.

Akan halnya di ganda putra, Kevin/Marcus yang menempati unggulan teratas langsung memperlihatkan kelasnya saat menghadapi wakil Inggris Raya, Ben Lane/Sean Vendy. Laga pun dimenangkan Minions dua game langsung  21-15, 21-11.

Penampilan cemerlang juga diperlihatkan duet senior Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan saat mengalahkan pasangan Kanada, Jason Anthony Ho-Shue/Nyl Yakura juga dalam laga dua game 21-12, 21-11.

"Alhamdulilah bisa menang, bersyukur juga bisa lewati laga pertama. Hari ini kami main cukup enak dan bisa langsung in tapi untuk pertandingan berikutnya harus lebih sip lagi, lebih siap lagi, lebih bisa keluar karena selanjutnya lawan tambah berat," ucap Ahsan usai pertandingan.

"Karena ini Olimpiade ya memang kami harus siap dari awal, tidak boleh lengah. Saya juga melakukan banyak pemanasan. Jadi masuk lapangan sudah panas," tambah Hendra.

"Kami puas dengan permainan hari ini walau masih ada yang harus diperbaiki. Kira-kira sudah 80% tadi," kata Hendra lagi.

Bagi Ahsan/Hendra yang sudah mengikuti Olimpiade sebanyak tiga edisi merasa tidak ada yang berbeda dari ajang Olimpiade Tokyo 2020 walau digelar dalam kondisi pandemi virus Covid-19 dan tanpa penonton.

"Atmosfer sama saja dengan Olimpiade sebelumnya walau tidak ada penonton. Saya masuk lapangan tadi agak tegang," tutur Hendra

"Pas masuk ke lapangannya itu memang beda rasanya dari turnamen lainnya. Walau tida ada penonton tetap berasa ini Olimpiade," sahut Ahsan.

Pada laga berikutnya di grup D hari Senin (26/7) nanti, The Daddies, julukan mereka, akan ditantang wakil Malaysia Aaron Chia/Soh Wooi Yik. Chia/Yik sendiri baru saja mengalahkan pasangan Korea Choi Sol Gyu/Seo Seung Jae dua gim langsung 24-22, 21-15.

"Kami belum memikirkan partai selanjutnya karena masih lusa bermainnya. Besok mau latihan dulu baru diskusi sama pelatih untuk strategi," kata Hendra.

"Walau besok kami tidak bertanding tapi waktunya akan kami pakai latihan soalnya kalau libur sehari total gitu feelingnya pasti berubah. Kami belum mau memikirkan hitung-hitungan lolos, kami mau fokus dulu ke pasangan Malaysia," jelas Ahsan.

Jadwal pertandingan pemain Indonesia, Minggu (25/7):

08.00 WIB - Lapangan 2

Penyisihan Grup M Tunggal Putri

Gregoria Mariska Tunjung vs Thet Htar Thuzar (Myanmar)

11.20 WIB - Lapangan 2

Penyisihan Grup J Tunggal Putra

Anthony Sinisuka Ginting (5) vs Gergely Krausz (Hungaria)

11.20 WIB - Lapangan 3

Penyisihan Grup C Ganda Campuran

Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (4) vs Mathias Christiansen/Alexandra Boje (Denmark)
(MB-01)