Kejuaraan Asia 2018: Anthony Belum Mampu Atasi Lee Chong Wei

Kamis, 26 April 2018 20:39:06

 

Majalahbulutangkis.com- Pebulutangkis tunggal putra andalan Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting masih belum mampu menundukkan pemain kawakan Malaysia, Lee Chong Wei saat keduanya bertemu di babak kedua ajang Badminton Asia Championships 2018 di Wuhan, Tiongkok, Kamis (26/4). Anthony pun menyerah dari pemain yang 13 tahun lebih tua darinya dalam laga tiga game 21-16, 9-21, 11-21 dalam waktu 61 menit.

Meski kalah namun Anthony mendapat banyak pengalaman berharga dari duelnya dengan peraih tiga medali perak olimpiade tersebut.

"Di game pertama, Chong Wei banyak membuat kesalahan sendiri, mungkin karena ini pertemuan pertama kami. Dari awal pelatih saya sudah menginstruksikan untuk banyak inisiatif menyerang. Di game kedua, Chong Wei mengubah permainan dan dia sudah mulai enak mainnya," kata Anthony.

Dalam laga kali ini Anthony memang tak bisa maksimal akibat ada sedikit gangguan pada engkel kakinya. Cedera ini sebetulnya sudah dialami Anthony saat tampil di turnamen French Open Super Series 2017. Cedera ini kembali kambuh saat ia terpeleset saat mengikuti kejuaraan Badminton Asia Team Championships 2018 di Alor Setar, Malaysia.

Saat menjalani sesi latihan hari pertama di Wuhan, Anthony kembali terpeleset dan sempat mendapat perawatan dari fisioterapis tim Indonesia. Pada game ketiga pertandingannya melawan Chong Wei, Anthony terpeleset lagi, saat kedudukan 8-12, ia bahkan meminta pertolongan dokter pertandingan.

"Kondisi kaki saya cukup mengganggu, padahal waktu masuk lapangan itu usaha untuk nggak dirasain dan nggak diingat-ingat cederanya. Kurang lebih berpengaruh ke penampilan saya, saya jadi ragu-ragu kalau melangkah yang agak jauh," kata Anthony.

Kegagalan juga dialami tunggal putra Indonesia lainnya Jonatan Christie setelah dikalahkan Ng Ka Long Angus (Hong Kong) dalam laga tiga game 19-21, 21-12, 15-21 dalam waktu 64 menit.

Dengan kegagalan ini maka habis sudah wakil tunggal putra Indonesia di Kejuaraan Asia 2018. Sehari sebelumnya kubu Indonesia juga kehilangan Ihsan Maulana Mustofa di babak pertama. (MB-01)