Kala Ruzana Permalukan Galuh

Sabtu, 12 Desember 2020 21:13:10

 

Majalahbulutangkis.com- Penampilan bintang muda PB.Djarum, Ruzana menjadi salah satu aksi paling memikat di laga semifinal Liga PB.Djarum 2020 yang berlangsung di GOR Djarum, Kudus, Sabtu (12/12).

Pebulutangkis berusia 15 tahun kelahiran Lubuk Linggau, Sumatera Selatan ini tampil penuh percaya diri saat menghadapi lawannya yang lebih senior Aisha Galuh Maheswari di semifinal nomor tunggal putri KU-17, KU-19 dan Dewasa. Di luar dugaan, Ruzana pun mampu mempermalukan Galuh yang menempati unggulan kedua dalam laga tiga game 24-22, 15-21, 21-10.

"Saya sempat kalah dari Galuh waktu main di beregu. Ya sudah, yang perorangan ini saya nggak mau mikir kalah lagi, harus menang. Lawan Galuh itu perlu banyak-banyak sabar main rally. Kalau nafsu langsung mau matikan lawan dengan satu-dua pukulan, pasti aku kalah," kata Ruzana.

Meski berhasil meraih kemenangan dari Galuh yang merupakan juara Tunggal Putri (U15, U17 & Dewasa) pada Liga PB Djarum bulan Juli lalu, Ruzana harus menyiapkan strategi dan energi lebih matang di laga final. Sebab, dirinya akan berhadapan dengan atlet pelatnas pratama, Komang Ayu Cahya Dewi yang menempati unggulan teratas.

“Aku lihat kak Komang adalah pemain yang ulet dan tangannya juga bagus. Jadi aku harus siap bermain sabar dan jangan fokus ke tangannya, tapi ke bolanya. Walaupun aku kalah usia, itu malah jadi motivasi aku untuk bisa ngalahin dia,” ucap Ruzana yang bergabung di PB.Djarum mulai tahun 2015.

Partai semifinal lainnya yang tak kalah menarik terjadi di nomor Tunggal Putra U11 & U13, mempertemukan Nazwan Abdillah dan Livio Cicero Benedicto Paat, dua peraih beasiswa bulutangkis hasil Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis 2018. Nazwan berhasil menghentikan lawannya yang asal Manado, Sulawesi Utara, melalui rubber-game 18-21 21-12 21-15.

"Tadi set pertama sempat mainnya kurang enak, agak lama adaptasi. Set kedua, Alhamdulillah mainnya bagus. Dan di set ketiga, mungkin yang bikin saya menang karena main rally. Harus berani capek dan main lepas kalau lawan Livio," tanggap pebulutangkis muda asal Samarinda, Kalimantan Timur ini. Sementara di laga final Minggu (13/12) esok, Nazwan akan berhadapan dengan Maharishiel Timotius Gain.

Sementara Rehan Naufal Kusharjanto, salah satu bintang PB Djarum yang memperkuat skuat Pelatnas Pratama PBSI, menyatakan tetap tampil all-out di setiap pertandingan yang dilakoninya. Berpasangan dengan Lisa Ayu Kusumawati di nomor Mix U19 & Dewasa, Rehan melampaui laga perempat final setelah mengalahkan Marwan Faza/Az Zahra Ditya Ramadhani, 21-9 21-12.

"Walau saya lawan yang di bawah saya, tapi saya selalu bermain maksimal dengan memberikan pressing-pressing. Ketimbang bermain santai, saya justru membuka celah bagi lawan untuk bermain maksimal dan mengalahkan saya," jelas juara Superliga Junior 2018 ini.

Di semifinal, Rehan/Lisa mampu mengandaskan Dejan Ferdinansyah/Serena Kani dengan skor akhir 21-18 22-20 . Dua atlet penghuni pelatnas ini melenggang ke final Liga PB Djarum 2020 yang berlangsung pada Minggu (13/12).

Liga PB Djarum 2020 memperebutkan total hadiah senilai lebih dari Rp120 juta untuk 17 kategori yang dipertandingkan. Karena digelar tanpa penonton, pencinta bulutangkis dapat menyaksikan jalannya pertandingan Liga PB Djarum 2020 melalui live streaming di kanal YouTube PB Djarum (https://www.youtube.com/pbdjarum-official), Facebook PB Djarum, dan Kaskus TV, pada pukul 09.00 WIB – selesai untuk sesi 1 dan pukul 15.00 WIB – selesai untuk sesi 2.

Kejuaraan internal ini digelar mulai hari Senin (7/12) hingga Rabu (9/12) untuk kategori beregu, lalu dilanjutkan dengan kategori perorangan mulai Kamis (10/12) hingga Minggu (13/12). Untuk mengetahui jadwal dan hasil lengkap pertandingan Liga PB Djarum 2020, kunjungi situs resmi PB Djarum.

Jadwal Final kategori perorangan Liga PB Djarum 2020:

Tunggal Putra U11 & U13: Nazwan Abdillah vs Maharishiel Timotius Gain
Tunggal Putra U15: Bryan Dave Limbowo vs M. Afiq Dzakwan Arief
Tunggal Putra U17: Muhammad Faqih Anshori vs Jason Christ Alexander
Tunggal Putra U19 & Dewasa: Ihsan Maulana Mustofa vs Muh. Azahbru .B. Kasra
Tunggal Putri U11 & U13: Jolin Angelia vs Nayla Shofi Wibowo
Tunggal Putri U15: Sausan Dwi Ramadhani vs Sheila Lydia
Tunggal Putri U17, U19 & Dewasa: Komang Ayu Cahya Dewi vs Ruzana
Ganda Putra U13: Muhammad Rizki Mubarrok/Radithya Bayu Wardhana vs Calvin Kennedy Chendrawinata/Nazwan Abdillah
Ganda Putra U15 & U17: Dapa Lesmana/Muhammad Firza Athalla Sungkono vs Halim Hokiarto/Jason Christ Alexander
Ganda Putra U19 & Dewasa: Asghar Herfanda/Rian Cannavaro vs Muhammad Rayhan Nur Fadillah/Rahmat Hidayat
Ganda Putri U13: Shaafiya Yasmin Maitsaa/Vica Velicia vs Halifia Usni Pratiwi/Jane Maira Faiza
Ganda Putri U15 & U17: Az Zahra Ditya Ramadhani/Velisha Christina vs Rinjani Kwinnara Nastin/Titis Maulida Rahma
Ganda Putri U19 & Dewasa: Helena Ayu Puspitasari/Serena Kani vs Lisa Ayu Kusumawati/Ni Ketut Mahadewi
Mix U17: Michael Owen/Velisha Christina vs Jaden Abdullah Usman/Bernadine Bernadine Anindya Wardana
Mix U19 & Dewasa: Andika Ramadiansyah/Febby Valencia Dwijayanti Gani vs Lisa Ayu Kusumawati/Rehan Naufal Kusharjanto
(Daryadi)