Ini Jadwal Marcus Boleh Berlatih Lagi

Minggu, 24 April 2022 09:33:23

 

Majalahbulutangkis.com- Marcus Fernaldi Gideon sepertinya sudah kembali ke Tanah Air. Itu terekam dari foto bersama rekannya di ganda putra, Kevin Sanjaya Sukomuljo, saat mengapit salah satu selebritas Tanah Air, Boy William, di laman media sosial PP PBSI. 

Itu artinya, operasi kedua engkel atau pergelangan kakinya yang dilakukan di Portugal, awal April, sudah tuntas dijalaninya. Kini pemain spesialis ganda ini tengah menjalani masa pemulihan pascaoperasi. 

Yang melegakan, Prof. Dr. dr. Nicolaas C. Budhiparama, PhD. SpOT (K), FICS, menyebut Marcus ditargetkan sudah bisa berlatih lagi pada akhir Mei nanti. 

"Hari ini mulai dicabut benangnya, lalu direhabilitasi. Akhir Mei, sudah boleh latihan lagi. Kalau terlalu cepat, peradangannya bisa kembali lagi," cuit dokter PBSI itu di laman Twitter PP PBSI, Sabtu (23/4) sore WIB.

Tindakan operasi terhadap kedua engkel Marcus harus dilakukan karena ditemukan tulang-tulang tumbuh di sana. Melalui operasi, tulang-tulang tumbuh ini dibersikan. 

Namun, tak sembarangan dokter bedah bisa melakukan itu. Nicolaas sendiri mengakui tak bisa melaksanakan operasi tersebut. Sebab, ia menyebut dirinya spesialis pinggul dan lutut. 

Marcus pun dikirim kepada Cornelis Nicolaas 'Niek' van Dijk sebagai spesialis engkel. Ahli bedah ortopedi berkebangsaan Belanda ini pernah membantu penyembuhan cedera pesepakbola top dunia, Cristiano Ronaldo. 

"Saya ini sport surgeon untuk hip dan knee, operasi engkel saya belum banyak pengalaman. Tapi, kebetulan, salah satu yang terbaik di dunia itu teman sekolah saya, Van Dijk," ungkap Nicolaas. 

(Indra)

Sumber foto: PP PBSI