Indonesia Open 2022: Tunggal Putra Cuma Sisakan Ginting di Perempat Final

Kamis, 16 Juni 2022 18:03:18

 

Majalahbulutangkis.com- PP PBSI sepertinya harus mulai benar-benar melakukan regenerasi di sektor tunggal putra. Tiga pemain utama di Pelatnas PBSI, Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dan Shesar Hiren Rhustavito, sepertinya sudah kesulitan menghadapi lawan-lawan mereka. 

Itu bisa dilihat dari beberapa turnamen terakhir. Jojo sempat memperlihatkan kualitas tingginya kala menjuarai Swiss Open 2022. Kemudian, pemain berusia 24 tahun ini merangsek ke dua final beruntun, Korea Open dan Badminton Asia Championships. Sayangnya, Jojo masing-masing kalah dari pemain Tiongkok Weng Hong Yang dan wakil Malaysia Lee Zii Jia. 

Jojo dan Ginting memutuskan absen di Thailand Open. Mereka bermain lagi di Indonesia Masters, pekan lalu. Hasilnya, Ginting mampu menapak semifinal sebelum menyerah dari Viktor Axelsen. Sedangkan, Jojo langsung rontok di babak 32 besar akibat kalah dari tunggal putra Tiongkok, Zhao Jun Peng. 

Mirisnya, dari pemain yang sama ini, Jojo juga kalah pada babak 16 besar Indonesia Open yang dihelat di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (16/6) sore WIB. Jojo menyerah dengan rubber game 12-21, 21-18, 14-21 dalam tempo 65 menit. Hasil ini menjadikan skor pertemuan 3-2 untuk Zhao. 

Ginting kini menjadi satu-satunya wakil tunggal putra 'Merah Putih' di perempat final yang bakal digelar pada Jumat (17/6). Pemain berusia 26 tahun ini mengatasi perlawanan pemain gaek Denmark, Hans-Kristian Solberg Vittinghus, 21-17, 21-9 hanya dengan durasi 36 menit. 

"Saya cukup senang dengan performa saya hari ini bisa melewati setiap kendala yang ada di lapangan. Sepanjang pertandingan saya bermain dengan sabar dalam menyerang. Tak heran hal itu menjadi kunci kemenangan," kata Ginting dikutip dari rilis Tim Humas dan Media PP PBSI.

Di babak 4 besar, Ginting melakoni laga ulangan semifinal Indonesia Masters, pekan lalu. Ya, sekali lagi, peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020 ini akan melawan Viktor. Ini akan menjadi pertemuan ke-11 kedua pemain dengan skor 7-4 untuk pemain Denmark tersebut. 

"Persiapannya melawan Axelsen mungkin lebih ke recovery dulu. Seperti diketahui, kami semua sama-sama lelah melewati minggu-minggu ini. Saya mencoba mempelajari dari kekalahan minggu lalu supaya bisa memberikan yang terbaik di laga ini," ujar Ginting. 

(Indra)

Sumber foto: PP PBSI