Indonesia Masters 2019: Bentrok Sesama Indonesia di Final Ganda Putri

Sabtu, 05 Oktober 2019 22:44:16

 


Majalahbulutangkis.com- Kubu Indonesia memastikan satu gelar juara di nomor ganda putri di ajang bulutangkis Yuzu Indonesia Masters 2019 di GOR Ken Arok, Malang. Kepastian itu diperoleh setelah dua pasangan Merah Putih, Rizky Amelia Pradipta/Della Destiara Haris dan rekan yuniornya, Siti Fadia Ramadhanti/Ribka Sugiarto akan saling bentrok di laga final Minggu (6/10).

Tiket pertama diraih Rizki/Della yang menempati unggulan keempat di turnamen BWF Super 100 berhadiah total 75.000 dolar AS ini. Di semifinal Sabtu (5/10), mereka menyisihkan pasangan unggulan ketujuh asal Tiongkok,  Huang Jia/Zhang Shu Xian dua game langsung 21-12, 23-21.

Penampilan tak kalah cemerlang juga diperlihatkan Fadia/Ribka setelah di semifinal menumbangkan unggulan ketiga asal Jepang, Nami Matsuyama/Chiharu Shida dua game langsung 22-20, 21-14 dalam waktu 36 menit.

“Di game pertama kami masih merasa agak tegang. Tapi di akhir-akhir kami sudah mulai tenang dan enak mainnya. Di game kedua kami benar-benar sudah bisa lepas mainnya, jadi nothing to lose saja, coba keluarkan semua kemampuan yang kami punya. Selain itu, karena kami sama-sama pemain depan jadi sudah tahu mesti bagaimana menjaga permainan depannya. Kami juga tadi banyak main menyerang,” jelas Ribka.

Ini akan menjadi partai final perdana bagi Ribka/Fadia. Sebelumnya, mereka juga pernah mencapai babak semifinal di ajang Chinese Taipei Open 2019 BWF World Tour Super 300, September lalu.

“Agak sedikit nggak nyangka juga bisa lolos ke final. Pastinya senang, karena baru berpasangan bisa nembus final,” kata Siti Siti Fadia Silva Ramadhanti.

“Yang pasti untuk pertandingan besok kami akan berusaha memberikan yang terbaik. Main all out saja,” lanjutnya.

Pejalanan Fadia/Ribka hingga bisa mencapai partai puncak di turnamen kali ini patut diacungi jempol. Meski merupakan pasangan baru, namun Fadia/Ribka mampu menciptakan berbagai kejutan.

Sebelumnya di babak 16 besar, Fadia/Ribka sukses memulangkan unggulan kelima asal Jepang, Natsu Saito/Naru Shinoya dengan skor 21-13 dan 21-17. Kemudian di babak perempat final giliran unggulan dua asal Tiongkok, Li Wen Mei/Zheng Yu yang juga dikalahkan Fadia/Ribka dengan dua game langsung 21-13 dan 21-17.

Di sisi lain, asisten pelatih ganda putri Indonesia, Chafidz Yusuf mengaku senang dan bangga karena dua anak asuhannya akan bertemu di partai puncak.

"Alhamdulillah karena doa kita semua dikabulkan. Walaupun ini levelnya Super 100, tapi tetap harus maksimal dan totalitas,” ujarnya.

Sementara itu, ia pun mengomentari hasil yang didapat Ribka/Fadia sejauh ini. Diakui Chafidz jika pasangan ini berhasil menjawab kepercayaan yang diberikan tim pelatih kepada mereka. (MB-01)