HUT ke-69 PBSI Dirayakan Sederhana

Kamis, 07 Mei 2020 11:34:01

 

Majalahbulutangkis.com- Tak seperti tahun-tahun sebelumnya, di tengah pandemi virus Covid-19 peringatan ulang tahun ke-69 dirayakan secara sederhana sambil berbuka puasa bersama di Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (6/5). Hari lahir PBSI sejatinya jatuh pada Selasa (5/5).

Tak banyak tamu undangan yang hadir di acara tersebut. Acara dipimpin oleh Sekjen PBSI Achmad Budiharto yang didampingi oleh Ketua Bidang Pembinaan Prestasi Susy Susanti serta dihadiri oleh seluruh pemain yang tetap diminta berada di Pelatnas selama wabah Covid-19 masih melanda.

Adapun sambutan dari Ketua Umum PBSI Wiranto disampaikan dalam bentuk video rekaman mengungkapkan saat ini kesehatan dan keselamatan atlet, pelatih dan seluruh keluarga besar PBSI menjadi prioritas utama.

"Saya mengajak warga PBSI untuk terlibat dalam perjuangan bangsa Indonesia. Saya tahu bahwa atlet, pelatih dan pengurus, sudah terbiasa berjuang memenangkan setiap pertandingan di arena bulutangkis dari waktu ke waktu," kata Wiranto.

"Namun kali ini lawan yang kita hadapi berbeda, dia tidak kelihatan, bisa menyerang siapa saja yang lengah. Hanya ada satu cara melawannya yaitu memutus mata rantai penyebarannya," lanjut Wiranto.

Wiranto juga meminta agar PBSI untuk menaati dan membantu pemerintah memutus mata rantai Covid-19 dengan cara yang dapat dilakukan sendiri. Ia menyampaikan rasa bangganya kepada para atlet dan pelatih atas kesadaran dan keikhlasan mereka untuk tetap tinggal di pelatnas dan berlatih guna mempersiapkan diri ke turnamen yang akan datang.

"PBSI berulang tahun ke-69, 69 adalah angka yang istimewa, angka 69 dibolak-balik tetap 69. Artinya dalam kondisi apapun, dalam kesulitan apapun, PBSI akan tetap menghadirkan prestasi yang membanggakan seluruh bangsa indonesia," ujar Wiranto.

Sambutan lewat rekaman video juga disampaikan oleh Menpora Zainudin Amali. Menpora mengapresiasi kiprah PBSI yang selama ini telah mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Hingga saat ini bulutangkis masih menjadi cabang olahraga andalan Merah-Putih di event besar sekelas Asian Games hingga olimpiade.

"Selamat ulang tahun buat PBSI yang ke-69, ini adalah perjalanan yang luar biasa untuk induk organisasi bulutangkis kita. Di usia yang cukup dewasa, PBSI sudah banyak menyumbang prestasi untuk Indonesia," kata Zainudin dalam sambutannya.

Menpora tak lupa mengimbau PBSI untuk tetap disiplin menjalankan aturan pencegahan wabah Covid-19 yang kini masih menjadi ancaman di Tanah Air.

"Saya ingin berpesan kepada keluarga PBSI yang hari ini berbuka puasa bersama, tetap harus patuhi protokol pencegahan Covid-19 dan jaga kesehatan. Kebersihannya juga dijaga dan tetap berada di kawasan pelatnas Cipayung," lanjutnya.

Zainudin berharap agar di usia ke-69 ini PBSI bisa terus menjaga konsistensi sebagai cabang olahraga kebanggaan Indonesia di tingkat dunia serta terus berupaya meningkatkan prestasi menjadi lebih baik lagi.

Senada dengan Wiranto dan Zainudin Amali, Kepala Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Susy Susanti juga berharap di usia ke-69 tahun ini PBSI bisa terus membuahkan prestasi untuk Indonesia. Olimpiade Tokyo 2020 awalnya merupakan target utama PBSI di tahun ini, namun bergesernya penyelenggaraan olimpiade menjadi tahun depan, membuat laga final Piala Thomas dan Uber 2020 menjadi major event yang paling penting di tahun ini.

"Harapannya tetap Jaya dan bisa terus memberikan prestasi terbaiknya dan mengharumkan nama Indonesia di mata dunia. Target PBSI saat ini yang paling utama adalah semua atlet sehat dulu, dan memang tahun ini kami berharap bisa membawa pulang Piala Thomas ke Indonesia," ucap Susy. (MB-01)