Hong Kong Open 2018: Ganda Putra Indonesia Kuasai Semifinal

Sabtu, 17 Nov 2018 05:44:42

 

Majalahbulutangkis.com- Kubu Indonesia menguasai nomor ganda putra di ajang Hong Kong Open 2018 di Kowloon. Hal itu ditandai dengan lolosnya tiga pasangan andalan Merah Putih ke semifinal turnamen BWF Super 500 berhadiah total 400.000 dolar AS ini.

Tiga pasangan tersebut masing-masing, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, serta Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Dengan lolosnya tiga pasangan tersebut maka dipastikan satu tiket ke final jadi milik Indonesia karena dua diantaranya akan saling bentrok di semifinal yakni Kevin/Marcus melawan Hendra/Ahsan.

Tiket semifinal diraih Kevin/Marcus setelah mengalahkan Lee Yong Dae/Kim Gi Jung (Korea), dengan skor 22-20, 21-9, 21-15. Pertemuan ini memang dinanti-nanti oleh para pecinta bulutangkis, pasalnya Kevin/Marcus pernah menyatakan masih penasaran menghadapi Lee yang dulu berpasangan dengan Yoo Yeon Seong.

Kevin/Marcus tercatat belum pernah menang dalam tiga pertemuan dengan Lee/Yoo. Kini setelah 'comeback' dari cuti panjang, Lee menggandeng Kim dan menjadi pemain profesional.

"Kalau dulu kami masih 'jorok' mainnya, banyak 'buang-buang' poin sendiri. Sekarang lebih mengerti cara-cara ubah mainnya, kalau dulu tertekan sedikit gampang panik, sekarang lebih tenang. Kami sudah kira akan ramai, karena Lee pertahanannya rapat, shuttlecock juga tidak terlalu kencang di sini, jadi dia lebih berani main defense," jelas Marcus.

"Dari awal kami masih cari pola main yang sesuai. Mereka baru main lagi dan berpasangan dengan partner baru. Tapi mereka tampil sangat baik, nggak gampang mati, safe banget, defense mereka juga rapat, tadi kami lebih sabar saja," ujar Kevin.

Kevin menuturkan, di matanya, Lee belum kehilangan kekuatannya sebagai pemain kelas dunia, meskipun ia sempat vakum dari panggung bulutangkis internasional.

"Saya merasanya, kurang lebih dia masih sama seperti dulu. Masih kuat, nggak gampang mati sendiri. Dari dulu dia terkenal paling safe mainnya. Mungkin karena pasangannya sekarang beda, dia masih cari-cari ritme mainnya," beber Kevin.

Di babak semifinal, Kevin/Marcus akan kembali bertemu dengan Hendra/Ahsan untuk ketujuh kalinya. Dari enam pertemuan, Kevin/Marcus memenangkan empat diantaranya.

"Pasti kami ingin lakukan yang terbaik, mereka penampilannya bagus selama di sini, mengalahkan lawan yang bagus-bagus. Koh Hendra dan bang Ahsan di sini mainnya lebih safe dan menekannya lebih dapat," tutur Marcus.

Hendra/Ahsan melaju ke semifinal setelah mengalahkan unggulan keenam Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen (Denmark) 21-19, 21-14.

Sementara Fajar/Rian lebih dulu meraih tiket ke empat besar setelah mengalahkan pasangan China Taipei, Lee Jhe Huei/Lee Yang 21-17, 25-23. Di semifinal pasangan unggulan kedelapan ini akan menghadapi pasangan unggulan keempat Takeshi Kamura/Keigo Sonoda (Jepang).

Ini adalah pertemuan ketujuh di antara kedua pasangan dengan head to head 3-3. Di pertemuan terakhir Fajar/Rian berhasil mengalahkan Takeshi/Keigo di ajang China Open 2018, September lalu. (MB-01)