French Open 2019: Ganda Putra Sisakan Kevin/Marcus di Perempat Final

Jumat, 25 Oktober 2019 08:11:03

 

Majalahbulutangkis.com- Pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon menjadi satu-satunya wakil Indonesia di nomor ganda putra yang masih bertahan hingga ke babak perempat final ajang bulutangkis French Open 2019 di Paris.

Unggulan teratas turnamen BWF Super 750 berhadiah total 750.000 dolar AS ini tak banyak mengeluarkan tenaga di babak kedua Kamis (24/10) setelah lawannya pasangan senior Korsel, Kim Gi Jung/Lee Yong Dae tak mampu meneruskan pertandingan ke game kedua setelah di game pertama kalah 21-18. Lee dikabarkan mengalami cedera sehingga tak bisa melanjutkan pertandingan.

Di babak perempat final Jumat (25/10), Kevin/Marcus akan ditantang pasangan Tiongkok, Han Cheng Kai/Zhao Hao Dong. Sebelumnya di babak kedua Han/Zhao mengganjal pasangan Indonesia, Wahyu Nayaka/Ade Yusuf dalam pertarungan sengit selama tiga game 18-21, 22-20, 20-22.

Kegagalan juga dialami pasangan senior Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan yang harus terhenti di babak kedua setelah diganjal Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty (India). Unggulan dua turnamen itu menyerah dalam 53 menit dengan skor 18-21, 21-18, 13-21.

Game pertama dimainkan, Hendra/Ahsan terus berada di bawah tekanan lawan. Setelah kerap tertinggal, Hendra/Ahsan mencoba membalikkan keadaan menjadi 16-14, 17-15. Namun akhirnya, mereka kembali tertekan lawan hingga kalah 18-21.

Hendra/Ahsan kemudian membalas kekalahannya di game pertama dengan baik. Mereka terus memegang pertandingan dan menyamakan kedudukan setelah menang 21-18 di game kedua.

Sayangnya hal yang sama tak berlangsung di game penentu. Hendra/Ahsan kembali tertekan di bawah pola permainan Rankireddy/Shetty. Pasangan rangking dua dunia itu pun harus mengakhiri perjalanannya di Paris Coubertin Stadium.

“Pertama dari permainan memang kami tertekan pola mereka. Tenaga pun mungkin berkurang juga,” kata Ahsan mengenai laganya.

“Kami no lobnya sudah kalah dulu, kepegang dulu. Kami angkat bola juga defensnya gampang tembus,”ujar Hendra menambahkan.

Tantangan berat buat Hendra/Ahsan sebenarnya sudah terjadi sejak babak pertama. Saat berhadapan dengan Ong Yew Sin/Teo Ee Yi (Malaysia), Hendra/Ahsan juga mendapat perlawanan sengit. Namun saat itu Hendra/Ahsan akhirnya menang 12-21, 21-19, 21-19.

Selesai dari French Open 2019, Hendra/Ahsan mengaku fokus untuk recovery fisik jelang turnamen berikutnya. Setelah jeda satu minggu, Hendra/Ahsan dijadwalkan kembali turun pada China Open dan Hong Kong Open 2019.

“Habis ini istirahat dulu, kami pulang ke Indonesia baru atur lagi strategi untuk China dan Hong Kong Open,”ujar Ahsan.

“Kami harus bersiap lagi, karena mau nggak mau jadwal pertandingan berjalan terus,” sambung Hendra. (MB-01)