Dua wakil Indonesia ke Semifinal Orleans Masters 2021

Sabtu, 27 Maret 2021 16:01:58

 

Majalahbulutangkis.com- Kubu Indonesia masih menyisakan dua wakilnya di babak semifinal ajang bulutangkis Orleans Masters 2021 di Orleans, Prancis. Dua wakil tersebut masing-masing ganda putra Sabar Karyaman Gutama/Moh. Reza Pahlevi Isfahani serta ganda campuran Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela.

Sabar/Reza melaju ke babak 4 Besar turnamen Super 100 berhadiah total 90.000 dolar AS tersebut setelah di perempat final Jumat malam (26/3) mengalahkan pasangan Jerman, Jones Ralfy Jansen/Peter Kaesbauer, dua game langsung 21-15, 21-9.

Di semifinal Sabtu (27/3) Sabar/Reza akan menantang pasangan unggulan keempat asal Inggris, Ben Lane/Sean Vendy. Lane/Vendy yang saat ini menempati peringkat 18 BWF.

"Di semifinal mau main yang tenang, terutama harus pegang bola depannya. Kami tidak takut, walau mereka kadang merepotkan tim Indonesia. Kami mau coba melawan. Nothing to lose dan berusaha main maksimal," ujar Reza

Di partai lainnya Zachariah/Hediana beruntung mampu mengalahkan pasangan Selandia Baru, Oliver Leydon-Davis/Anona Pak. Pada game pertama Zachariah/Hediana unggul 21-11.
Di gim kedua, juara Indonesia International Challenge 2019 itu juga memegang kendali pertandingan hingga memimpin dengan angka 11-7 dan 17-12. Tapi setelah itu permainan Zacha/Bela menjadi kurang tenang, lawan pun dengan cepat mengambil poin demi poin dan berhasil menyamakan kedudukan.

Setelah poin menunjukkan angka yang sama 17-17, kejar-mengejar pun terjadi hingga terjadi setting. Sebelum akhirnya petaka menghampiri pasangan Selandia Baru di kedudukan 23-23, Anona Pak mengalami cedera dan tidak mampu melanjutkan pertandingan. Zacha/Bela pun dinyatakan menang. Di babak semifinal mereka akan menantang unggulan ketujuh asal Denmark Mathias Christiansen/Alexandra Bøje.

"Kami berharap di semifinal bisa mengeluarkan semua kemampuan kami. Antisipasinya mungkin lebih ke waspada pola main cepat dari mereka juga harus lebih ditingkatkan lagi fokus sama percaya dirinya," papar Zacha.

Sayangnya wakil Indonesia di nomor tunggal putri Putri Kusuma Wardani akhirnya harus mengakui keunggulan pebulutangkis Thailand, Busanan Ongbamrungphan pada babak perempatfinal usai kala dua game langsung 13-21, 14-21.

Walau kalah, Putri banyak memetik pelajaran dari turnamen ini. Sebagai informasi, Orleans Masters 2021 adalah turnamen berstatus BWF World Tour perdana yang diikuti Putri.

"Saya banyak mendapat pelajaran di turnamen ini, khususnya lawan Busanan tadi. Pukulannya sangat matang dan susah dimatikan. Saya juga mengambil pengalaman bertanding dengan para pemain senior. Bagaimana cara bermain dengan lebih rapi," ungkap Putri.

Ia mengaku belum puas dengan penampilannya saat ini. Putri pun bertekad, sepulangnya ke Tanah Air akan terus memperbaiki kekurangan-kekurangannya.

"Secara hasil saya bersyukur banget karena bisa sampai delapan besar. Target awalnya hanya menembus babak utama tapi Alhamdulillah bisa melangkah lebih jauh," ujar Putri.

"Tetapi pekerjaan rumah saya masih banyak. Secara permainan masih harus terus diperbaiki. Sampai di Indonesia nanti saya harus latihan power dan meningkatkan kekuatan otot kaki," tutup Putri. (MB-01)