Djarum Superliga 2019: Putri Jaya Raya Ditantang Mutiara di Final

Sabtu, 23 Febuari 2019 01:32:32

 

Majalahbulutangkis.com- Juara bertahan tim putri PB.Mutiara Cardinal Bandung akan ditantang PB.Jaya Raya Jakarta di laga final beregu putri ajang Djarum Superliga Badminton 2019 yang digelar di Gedung Sabuga, Bandung.

Tim unggulan pertama beregu putri, PB Jaya Raya lebih dulu mengamankan tiket final Djarum Superliga Badminton 2019. Di babak semifinal, PB Jaya Raya menundukkan Saishunkan Nihon-Unisys dengan skor sempurna 3-0 di laga semifinal Jumat (22/2). Sedangkan Mutiara Cardinal Bandung berhasil mengalahkan Berkat Abadi Banjarmasin dengan skor 3-1.

Kemenangan PB Jaya Raya dipastikan oleh Sri Fatmawati yang turun di partai ketiga melawan Nakai Yukino dengan skor telak, 21-8, 21-11. Vu Thi Trang, pemain Vietnam yang menjadi ujung tombak tunggal putri di Jaya Raya, membuka kemenangan dengan mengalahkan Ayumi Mine, dengan skor 21-19, 21-14.

Sukses PB.Jaya Raya juga dilengkapi oleh pasangan muda Apriyani Rahayu/Jauza Fadhila Sugiarto dengan menyumbang poin kedua dengan mengalahkan Chisato Hoshi/Reika Kakiiwa, dengan skor 21-17, 22-20.

"Alhamdulillah bisa menang, dari awal masuk lapangan sebetulnya saya sudah percaya diri karena tim Jaya Raya sudah unggul 2-0. Lawan pun sudah tertekan, saya bisa menikmati permainan dan banyak menekan dari awal," kata Sri setelah pertandingan.

Tim pelatih Jaya Raya pun awalnya tak mengira akan menang langsung 3-0, karena tim Saishunkan Nihon-Unisys tak bisa dipandang sebelah mata.

"Sebenarnya tidak menduga, saya sempat ngobrol sama pelatih Jepang, dia pun berharap akan ramai 3-2. Tapi waktu kedudukan sudah 2-0 dan lihat permainan Sri di game pertama, saya sudah yakin, tim kami akan menang 3-0," ujar Taufiq Hidayat, Pelatih Tunggal Putri PB Jaya Raya.

Tim Jaya Raya hari ini tampil tanpa Greysia Polii yang semalam sudah lebih dulu berangkat ke Jakarta. Hari ini Apriyani pun akan menyusul Greysia dan mereka akan berangkat menuju turnamen German Open 2019 pada esok hari. Hal ini tentunya akan berpengaruh pada kekuatan tim Jaya Raya.

"Kami akan main semaksimal mungkin di final, apalagi Greysia/Apriyani akan pulang ke Jakarta. Hari ini Apri bisa tinggal dulu, jadi kami ada keyakinan bisa ambil poin di ganda pertama. Di final kami tetap optimis," ujar Taufiq.

Sementara di laga semifinal lainnya, di partai pertama, Gregoria membuka jalan dengan menyumbang poin pertama lewat kemenangan atas Zhang Beiwen, dengan skor 16-21, 21-18, 21-16.

Tim Mutiara Cardinal Bandung kembali harus bermain tiga game di laga kedua. Pasangan Yulfira Barkah/Maretha Dea Giovani menang lewat laga rubber game atas Dian Fitriani/Nadya Melati, 21-15, 16-21, 21-17.

Silvi Wulandari menjadi satu-satunya penyumbang angka bagi tim Berkat Abadi. Ia menumbangkan Cheung Ngan Yi, pemain asal Hong Kong yang memperkuat tim Mutiara Cardinal Bandung, dengan skor 20-22, 21-18, 21-19.

Kemenangan tim Mutiara Cardinal Bandung ditentukan oleh Kim Ha Na/Eom Hye Won yang menang telak atas Brigita Marcelia Rumambi/Ririn Amelia dengan skor 21-11, 21-7.

"Hari ini kami dapat perlawanan luar biasa dari Berkat Abadi, tiga partai harus rubber dan yang satu lepas. Surprise juga Silvi bisa mengalahkan Cheung, selamat kepada Silvi," kata Umar Djaidi, Manajer Tim Mutiara Cardinal Bandung.

"Sebetulnya kami berharap bisa mengambil kemenangan di partai ketiga, tapi ternyata kalah. Tapi kami tetap bersyukur, alhamdulillah bisa ke final melawan Jaya Raya," tambahnya.

Di babak final, Mutiara Cardinal Bandung akan ditantang oleh lawan yang berat yaitu PB Jaya Raya, yang merupakan unggulan pertama sekaligus peraih tiga gelar hat-trick Superliga pada tahun 2013, 2014 dan 2015.

"Gregoria hanya diperbolehkan oleh PBSI main sampai hari ini, karena besok dia harus ke Jerman. Tapi tim Jaya Raya kan juga harus ada yang ke Jerman. Kalau strategi kan pasti terbaca karena aturannya kan rangking, jadi ya ketahuan siapa yang akan turun," ungkap Umar ketika ditanya soal final.

"Jaya Raya menang mudah hari ini, kayaknya siap sekali menunggu kami di final. Sementara kami sudah habis-habisan, tapi kami bilang sama anak-anak, main nothing to lose saja, menang kalah itu biasa, tapi siapa sih yang tidak mau juara?" tuturnya.

Partai final beregu putri Djarum Superliga Badminton 2019 akan dimainkan besok, Sabtu (23/2), mulai pukul 13.00 WIB dan akan disiarkan langsung di Kompas TV. (MB-02)