Djarum Sirnas 2019: Ruzana ke Semifinal Kategori Remaja dan Taruna

Jumat, 02 Agustus 2019 04:55:20

Majalahbulutangkis.com- Pebulutangkis tunggal putri binaan PB.Djarum, Ruzana mencatat prestasi cemerlang di ajang Djarum Sirnas Kalimantan Selatan Open 2019 yang digelar di GOR Berkat Abadi, Banjarmasin.

Pemain kelahiran Lubuk Linggau, Sumsel, 22 Januari 2005 ini di luar dugaan mampu melesat ke babak semifinal di dua nomor yang diikutinya masing-masing tunggal remaja putri KU-17 tahun serta tunggal taruna putri KU-19 tahun. Ruzana sejatinya masih layak tampil di kelompok usia pemula 15 tahun. Namun, oleh sang pelatih Lukman Hakim diakselerasi ke kelompok usia yang lebih tinggi.

"Ini demi percepatan pematangan Ruzana dengan cara bertanding melawan yang lebih tua. Kalau masih bermain di pemula peluang Ruzana menang tentu lebih besar, tapi bukan itu target yang saya inginkan," tegas Lukman Hakim.

Langkah Ruzana yang diterima masuk PB.Djarum lewat audisi di Palembang tahun 2015 ini diawali di tunggal remaja putri. Di perempat final Kamis (1/8) secara meyakinkan Ruzana menggusur unggulan kedua asal PB Mutiara Cardinal Bandung, Arlya Nabilla Thesa Munggaran dengan skor 22-20 dan 21-14.

Meski menang dalam pertarungan dua game langsung, Ruzana mengaku sempat gugup saat mengawali permainan di game pertama.

“Awal-awal main di game pertama saya masih merasa tegang. Permainan saya benar-benar belum keluar dan banyak mati sendiri. Tapi untungnya bisa keluar dari tekanan dan menang di game pertama walaupun harus adu setting,” ungkap Ruzana.

“Di game kedua juga saya sempat bingung mau main dengan pola seperti apa, karena lawan mengubah cara mainnya. Tapi saya coba fokus lagi dan bermain seperti di game pertama. Dan saya lebih siap dan tahan,” lanjutnya menambahkan.

Meski tidak tampil sebagai unggulan, Ruzana mengatakan bila dirinya tetap optimis bisa memenangkan pertandingan hari ini dan merebut tiket ke semifinal Djarum Sirkuit Nasional Li-ning Kalimantan Selatan Open 2019. Pasalnya, pada pertemuan sebelumnya di ajang USM Open 2017 lalu, Ruzana juga berhasil mencuri kemenangan atas Arlya.

“Dari awal saya sudah berpikir positif saja. Walaupun bukan unggulan, tapi saya percaya kalau saya bisa menang dan bisa kasih yang terbaik di pertandingan ini. Saya pernah menang lawan dia dua tahun lalu. Jadi saya pikirnya, masa dulu bisa sekarang nggak. Karena memang tidak ada banyak perubahan juga dari permainannya yang dulu dan sekarang,” jelasnya.

Lolos ke semifinal Djarum Sirkuit Nasional Li-ning Kalimantan Selatan Open 2019, Ruzana akan berhadapan dengan wakil PB Jaya Raya Jakarta, Sekar Maji Bening Nur Kholifah.

Hanya beberapa saat istirahat Ruzana harus kembali ke lapangan untuk memainkan babak perempat final di kelompok taruna. Lawannya adalah Angelica Febriana Timporok juga dari PB.Mutiara Cardinal Bandung. Tampil makin percaya diri Ruzana pun kembali menang dalam laga dua game 21-17, 21-19. Lawannya di semifinal Jumat (2/8) adalah Gina Revina Aristy juga PB.Mutiara Cardinal Bandung. (Daryadi)