Djarum Sirnas 2019: Hanna Pensiun Mutiara Siapkan Pengganti

Rabu, 26 Juni 2019 06:35:11

 

Majalahbulutangkis.com- Keputusan Hanna Ramadini pensiun dari ajang bulutangkis, tak pelak, seperti menjadi pukulan berat bagi PB.Mutiara Cardinal Bandung. Betapa tidak, pensiunnya Sang Ratu Sirnas seolah menandai berakhirnya dominasi Mutiara di sektor tunggal dewasa putri di ajang Djarum Sirkuit Nasional.

Selama beberapa tahun sektor tunggal dewasa putri di ajang Djarum Sirnas memang dikuasai oleh para pemain binaan Mutiara Cardinal. Diawali oleh Hera Desi Ana Rachmati, berikutnya dilanjukan oleh Hanna Ramadini hingga musim 2018 lalu.

Namun, kini kedua Ratu Sirnas tersebut sudah turun tahta. Hera sudah lebih dulu pensiun menyusul keputusannya menikah dan menetap di Yogyakarta. Berikutnya Hanna pun mengikuti jejak seniornya itu dan berencana menikah di bulan Juni 2019 ini. Keputusan Anna pensiun memang sangat disayangkan managemen PB.Mutiara Cardinal mengingat ia masih memiliki potensi untuk berprestasi.

Masih cukup andalnya Hanna terlihat dari penampilannya di dua seri awal Djarum Sirnas 2019. Di seri pertama Djarum Sirnas Jateng Open di Purwokerto, awal April lalu, Hanna menempati posisi runner-up usai kalah dari Sri Fatmawati dari PB.Jaya Raya. Berikutnya di seri kedua Djarum Sirnas Sumsel Open di Palembang Hanna mampu keluar sebagai juara. Namun, sayangnya ajang itu pula yang menjadi seri penutup bagi kiprah Hanna di percaturan bulutangkis yang pernah membesarkan namanya.

Ketua Bidang Pembinaan PB.Mutiara Cardinal Bandung, Umar Djaidi mengakui setelah pensiunnya Hanna pihaknya memang belum memiliki pemain lain yang bisa meneruskan dominasi di kategori tunggal dewasa putri.

"Terus terang saja setelah Hanna pensiun memang kami belum memiliki pemain lain di tunggal dewasa putri yang kualitasnya setara dengan dia. Untuk itu konsentrasi kami saat ini lebih difokuskan di kategori taruna, remaja, serta pemula," tegas Umar.

Tanpa Hanna, kini Mutiara Cardinal mencoba melakukan regenerasi. Tiga pemain yang dipersiapkan meneruskan kejayaan Hanna masing-masing Saifi Rizka Nurhidayah,
Gina Revina Aristy, serta Shabrina Aulia Yasmin. Ketiganya diutus untuk bersaing di sektor tunggal dewasa putri.

Saifi sesungguhnya masih dalam kategori taruna namun coba dinaikkan ke kategori dewasa demi proses pematangan yang lebih cepat. Ia pun harus siap bersaing melawan pemain-pemain dari klub lain yang tentunya sudah jauh lebih matang seperti Yulia Yosephine Susanto (Shamrock), Sri Fatmawati, Asti Dwi Widyaningrum (Jaya Raya), serta Dinar Dyah Ayustine yang kini membela Pertamina Fastron. Persaingan pun makin ramai dengan kehadiran para pemain asal Jepang. (MB-01)