Denmark Open 2018: Jonatan Melaju, Anthony Terhenti

Rabu, 17 Oktober 2018 07:40:01

 

Majalahbulutangkis.com- Tunggal putra andalan Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting gagal mempertahankan tren kemenangannya melawan bintang asal Jepang, Kento Momota saat keduanya bertemu di babak pertama Denmark Open 2018 di Kopenhagen, Selasa malam atau Rabu dini hari WIB (17/10).

Setelah melalui pertarungan sengit selama 87 menit, Anthony akhirnya harus mengakui kekalahannya dari Kento dalam laga tiga game 18-21, 23-21, 15-21.

Ini adalah pertemuan kedelapan di antara kedua pemain dengan head to head saat ini 5-3 untuk Kento. Yang menarik, enam pertemuan terakhir terjadi di musim 2018. Namun begitu Anthony punya modal kuat saat berhadapan dengan Kento di turnamen BWF Super 750 berhadiah total 775.000 dolar AS itu. Pasalnya, di dua laga terakhir selalu dimenangkan oleh Anthony, masing-masing di Asian Games serta China Open.

Undian kali ini memang kurang menguntungkan buat Anthony karena di babak pertama ia sudah harus menghadapi Kento yang kini sudah berada di peringkat 1 BWF. Sedangkan Anthony saat ini menempati peringkat 9 BWF.

Sementara di laga lain, andalan Indonesia Jonatan Christie berhasil melangkah ke babak kedua setelah mengalahkan Wong Wing Ki Vincent (Hong Kong) dalam laga tiga game 17-21, 21-18, 21-13, dengan durasi pertandingan selama 65 menit.

Permainan Jonatan yang sudah diantisipasi lawan membuat Jonatan sulit untuk keluar dari tekanan di akhir game pertama. Kekalahan di game pertama tak membuatnya menyerah, satu demi satu Jonatan meraih poin dan mengamankan game kedua.

Pada game penentuan, Jonatan semakin yakin dengan pola yang ia terapkan. Wong pun tak dapat mengendalikan Jonatan, ia tertinggal jauh dan akhirnya mesti merelakan tiket babak kedua jatuh ke tangan Jonatan.

"Saya bersyukur bisa melewati pertandingan pertama ini, dari awal sebenarnya sudah enak mainnya, tapi permainan saya sudah terbaca oleh lawan. Tak bisa mengontrol poin krusial juga masih menjadi PR saya," kata Jonatan.

"Kunci kemenangan hari ini adalah di pertengahan game kedua dan di awal game ketiga, saya tidak memberikan kesempatan kepada lawan untuk menyerang. Saya juga bisa menjaga pikiran saya untuk tetap fokus," ungkap peraih medali emas Asian Games 2018 ini.

Di babak kedua, Jonatan yang akan berlangsung Kamis (18/10), Jonatan akan berhadapan dengan Sameer Verma (India) yang di luar dugaan mampu membuat kejutan dengan menumbangkan unggulan ketiga dari Tiongkok, Shi Yuqi 21-17, 21-18.

Satu andalan Indonesia lainnya Tommy Sugiarto dijadwalkan baru memainkan pertarungannya di babak pertama Rabu (17/10) melawan andalan Inggris, Rajiv Ouseph. (MB-01)