Daihatsu Indonesia Masters 2020: Satu Gelar di Genggaman Indonesia

Minggu, 19 Januari 2020 06:02:38

 

Majalahbulutangkis.com- Kubu Indonesia telah memastikan satu gelar juara dari sektor ganda putra di ajang bulutangkis Daihatsu Indonesia Masters 2020 di Istora Senayan, Jakarta. Kepastian itu diperoleh setelah dua pasangan ganda putra andalan Merah Putih saling bertemu di laga final Minggu (19/1) yakni Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon melawan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan.

Kevin/Marcus lolos ke laga puncak turnamen yang masuk kategori BWF Super 500 berhadiah total 400.000 dolar AS usai mengalahkan andalan Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik dua game langsung 21-19, 21-19 di semifinal Sabtu malam (18/1).

Meskipun menang dua game langsung, namun pertandingan berlangsung cukup ramai sejak game pertama. Kevin/Marcus bahkan sempat tertinggal 7-11 di game kedua. Namun saat berhasil menyamakan kedudukan 13-13, Kevin/Marcus akhirnya kembali menemukan ritme permainan.

"Kami sudah langsung menekan dari awal, langsung siap. Kami sering ketemu mereka di Malaysia juga ketemu, kami sudah saling tahu satu sama lain, jadi kami fokus dari awal," tutur Kevin.

"Kami lebih siap dari kemarin, dari awal langsung dapat ritme permainan, jadi banyak dapat poin. Di game kedua, tekanan lawan lebih dapat karena anginnya juga. Kami belum dapat feeling-nya game kedua awal, di pertengahan game baru dapat mainnya," ujar Marcus.

Sebelumnya Hendra/Ahsan sudah lebih mengamankan tiket ke final setelah memenangkan laga melawan rekan sendiri Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto lewat pertarungan tiga game 21-12, 18-21, 21-17.

Kubu Indonesia juga masih membuka peluang menambah dua gelar lainnya dari nomor tunggal putra lewat andalannya Anthony Sinisuka Ginting serta ganda putri melalui pasangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu.

Anthony sukses melaju ke final usai membekuk andalan Denmark, Viktor Axelsen dua game langsung 22-20, 21-11. Lawannya di final adalah andalan Denmark lainnya Anders Antonsen yang juga juara Daihatsu Indonesia Open 2019. Antonsen lolos ke final usai menjinakkan Lee Cheuk Yiu (Hong Kong) dua game langsung 21-9, 21-14.

Permainan gemilang juga diperlihatkan Greysia/Apriyani saat menghadapi andalan Korsel, Kong Hee Yong/Kim So Yeong. Laga itu pun dimenangkan Greysia/Apriyani dua game langsung 21-19, 21-15.

Di laga final pasangan unggulan kedelapan ini akan ditantang wakil Eropa, Maiken Fruergaard/Sara Thygesen dari Denmark yang di luar dugaan mampu membuat kejutan dengan menumbangkan juara bertahan Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi (Jepang) dua game langsung 22-20, 22-20. (MB-01)