Daihatsu Indonesia Masters 2020: Indonesia Rebut Tiga Gelar

Minggu, 19 Januari 2020 19:34:49

 

Majalahbulutangkis.com- Kubu Indonesia meraih sukses besar dalam penyelenggaraan ajang bulutangkis Daihatsu Indonesia Masters 2020 di Istora Senayan, Jakarta dengan merebut  tiga gelar juara.

Gelar tersebut masing-masing dipersembahkan oleh Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon di nomor ganda putra, Greysia Polii/Apriyani Rahayu di ganda putri, serta Anthony Sinisuka Ginting di tunggal putra.

Dalam laga final Minggu (19/1), Kevin/Marcus secara meyakinkan kembali mengalahkan pasangan senior Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, lewat permainan straight game, 21-15, 21-16.

Ini merupakan kemenangan ke-11 bagi Kevin/Marcus atas Hendra/Ahsan, dari 13 kali pertemuan. Kevin/Marcus memang sudah mengetahui kelebihan dan kekuarangan Hendra/Ahsan, mereka mengontrol jalannya permainan sejak awal. Laga final ini pun menjadi ulang final ajang Daihatsu Indonesia Masters 2019 yang juga dimenangkan Kevin/Marcus.

"Dari awal kami langsung menekan, di game kedua mereka mencoba bangkit. Mereka banyak pengalaman, kalau kami hilang fokus sedikit saja bisa berbahaya," kata Kevin.

"Di game kedua, lawan berubah cara mainnya, mereka banyak defense. Kami banyak buang poin di bagian ini," ungkap Marcus.

Sementara itu, Hendra/Ahsan mengatakan bahwa Kevin/Marcus memang menjadi lawan yang sulit untuk dikalahkan, karena kekuatan mereka cukup komplit. Dari kecepatan dan kekuatan pun, Kevin/Marcus lebih unggul.

"Mereka memang main bagus, dari game pertama kami sudah leading, tapi mereka antisipasi balik dan mereka bisa menang. Kami sudah berusaha ubah pola main tapi mungkin di beberapa poin masih terburu-buru," ujar Hendra.

"Sebetulnya sudah ubah strategi juga, bukannya kalah dan diam saja. Kami juga belajar dari lawan-lawan yang pernah mengalahkan Kevin/Marcus. Tapi di lapangannya kan beda, nanti akan kami coba lagi," tutur Ahsan.

Di laga final berikutnya, Greysia Polii/Apriyani Rahayu sukses mengalahkan wakil Denmark, Sara Thygesen/Maiken Fruergaard (Denmark) dalam pertarungan dramatis selama tiga game 18-21, 21-11, 23-21.

Bagi Greysia/Apriyani gelar ini menjadi yang pertama mereka raih di Istora Senayan. Di ajang yang sama dua tahun lalu Greysia/Apriyani sempat mencapai final namun kandas di tangan pasangan Jepang, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota.

"Puji Tuhan akhirnya saya diberikan kesempatan untuk menjadi juara di Istora Senayan setelah bertahun-tahun selalu gagal. Terima kasih buat Apri yang akhirnya bisa mengantar saya menjadi juara," ungkap Greysia.

Sukses Indonesia dilengkapi Anthony yang berhasil mengalahkan wakil Denmark, Anders Antonsen dalam pertarungan tiga game 15-21, 21-15, 21-9. Kemenangan ini mengulang sukses Anthony di ajang yang sama dua tahun lalu.

"Terima kasih atas dukungan para penonton akhirnya saya bisa menjadi juara lagi di Istora. Moga-moga ini memberi semangat buat saya untuk meraih gelar berikutnya," tukas Anthony.(MB-01)