Daihatsu Indonesia Masters 2020: Indonesia Pastikan Tiket ke Final Ganda Putra

Sabtu, 18 Januari 2020 06:10:28

 

Majalahbulutangkis.com- Sebanyak lima wakil Indonesia masih bertahan hingga ke babak semifinal di ajang bulutangkis Daihatsu Indonesia Masters 2020 di Istora Senayan, Jakarta. Satu tiket ke final pun berhasil diamankan dari nomor ganda putra.

Kepastian tiket ke final ganda putra diperoleh setelah dua wakil Merah Putih, pasangan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto harus saling jegal di babak semifinal Sabtu (18/1).

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menjadi wakil Indonesia kelima yang lolos ke semifinal setelah mengalahkan Kim Astrup/Anders Skaarup Rassmussen, dengan skor 18-21, 21-13, 21-17 di babak perempat final Jumat (17/1). Ini merupakan kemenangan pertama Fajar/Rian atas Astrup/Rasmussen, setelah dua kekalahan sebelumnya.

"Dari head to head kami memang kalah 0-2, mereka nggak gampang mati, tenaga terkuras. Secara individu, mereka bagus. Mainnya sabar dan cerdik, pemain Denmark itu cerdik-cerdik," kata Fajar.

"Sebenarnya mereka mainnya sama dengan di pertemuan sebelumnya, tapi walau sudah ketinggalan di game 3, kami ketinggalan terus, kami tetap coba untuk masuk dulu, nggak boleh mati sendiri, usaha cari poin dan akhirnya bisa," kata Rian.

Sedangkan Hendra/Ahsan sudah lebih dulu mengamankan tiket ke semifinal usai menyingkirkan pasangan Lee Yang/Wang Chi Lin (Taiwan) 9-21, 21-15, 21-19.

Satu tempat semifinal lainnya diamankan oleh juara bertahan sekaligus unggulan teratas Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon yang berhasil menyisihkan pasangan Goh Sze Fei/Nur Izzuddin (Malaysia) 21-13, 23-21.

Di sektor tunggal putra Indonesia juga masih menyisakan harapannya kepada pemain andalan Anthony Sinisuka Ginting. Di perempat final unggulan ketujuh ini sukses menyingkirkan Huang Yu Xiang (Tiongkok) 21-11, 21-14. Di semifinal Anthony akan menghadapi andalan Denmark, Viktor Axelsen.

Sayangnya langkah Anthony gagal diikuti oleh rekannya Jonatan Christie yang kandas di tangan Anders Antonsen (Denmark) dalam laga tiga game 14-21, 21-10, 12-21.

Kegagalan juga dialami pasangan ganda campuran andalan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti yang di luar dugaan dikalahkan pasangan asal Prancis, Thom Gicquel/Delphine Delrue lewat laga tiga game 19-21 21-14, 18-21.

Sementara di sektor ganda putri pasangan andalan Greysia Polii/Apriyani Rahayu juga sukses melangkah ke empat besar usai mengalahkan pasangan muda Jepang, Nami Matsuyama/Chiharu Sida dua game langsung 21-15, 21-16. (MB-01)