Daihatsu Indonesia Masters 2019: Gelar Ganda Putra Jadi Milik Indonesia

Sabtu, 26 Januari 2019 21:40:33

 

Majalahbulutangkis.com-  Kubu Indonesia sudah memastikan satu gelar juara lewat nomor ganda putra di ajang bulutangkis BWF World Tour Super 500 Daihatsu Indonesia Masters 2019 berhadiah total 350.000 dolar AS di Istora Senayan, Jakarta.

Kepastian itu diperoleh setelah dua tempat final di nomor ganda putra diisi oleh dua pasangan andalan Indonesia, yakni Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon. Keduanya melaju ke final setelah sukses menyisihkan lawannya masing-masing di laga semifinal Sabtu (26/1).

Hendra/Ahsan lebih dulu lolos setelah mengalahkan pasangan muda Tiongkok, Han Chengkai/Zhou Haodong dalam laga dua game langsung 21-11, 21-17. Berikutnya giliran
Kevin/Marcus menyusul usai menekuk Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmusen (Denmark) juga dengan dua game langsung 21-19, 21-13.

“Di game pertama kami mainnya ketat, waktu unggul 20-16 mereka menyusul dan kami agak goyang. Kami lebih percaya diri di game kedua, mainnya lebih enak dan lawan tidak bisa keluar dari tekanan,” tutur Kevin.

“Lawan lebih siap di game pertama, kami juga belum dapat irama mainnya. Di game kedua, kami terus menekan lawan dan bermain menyerang,” kata Marcus.

Mengomentari laga final, Kevin/Marcus mengatakan bahwa tak akan mudah menghadapi senior mereka yang lebih berpengalaman.

“Kami senang bisa All Indonesian Final apalagi sekarang lagi main di Indonesia. Pastinya bakal seru karena mereka pemain berpengalaman dan tidak akan mudah melawan mereka,” ujar Kevin.

“Hendra/Ahsan pengalamannya banyak, mereka lebih sering main di sini (Istora) daripada kami, jam terbangnya tinggi, pasti lebih tahu cara dapet poinnya,” ungkap Marcus.

Selain dua wakil ganda putra, Indonesia juga meloloskan satu wakil di nomor ganda campuran lewat pasangan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. Di laga semifinal Tontowi/Liliyana tampil perkasa menghadapi pasangan andalan Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying dikalahkannya dua game langsung 22-20, 21-11.

Di laga final Tontowi/Liliyana akan menghadapi unggulan teratas sekaligus peringkat 1 dunia Zheng Siwei/Huang Yaqiong yang mengalahkan pasangan andalan Jepang, Yuta Watanabe/Arisa Higashino dalam laga tiga game 11-21, 21-14, 21-11.

Sayangnya dua wakil Indonesia yang berlaga di semifinal hari ini gagal melangkah ke final, yakni Jonatan Christie serta Greysia Polii/Apriyani Rahayu.

Langkah Jonatan terhenti setelah dikalahkan pemain muda Denmark, Anders Antonsen dua game langsung 18-21, 16-21 dalam waktu 43 menit.

Sedangkan Greysia/Polii gagal mengulang kemenangan mereka pekan lalu di Malaysia Masters 2019 melawan andalan Jepang, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi. Kali ini Greysia/Apriyani menyerah dalam laga tiga game 20-22, 22-20, 12-21 dalam waktu 80 menit.

Laga final Daihatsu Indonesia Masters 2019 akan dilangsungkan besok, Minggu (27/1), mulai pukul 13.00 WIB. Namun pada pukul 12.00 WIB akan dilangsungkan acara Liliyana Natsir’s Farewell Event. (MB-01)