Daihatsu Astec Open 2020 Diawali di Medan

Selasa, 25 Febuari 2020 20:54:36

 

Majalahbulutangkis.com- Perhelatan bulutangkis bagi para pemain muda bertajuk Daihatsu Astec Open 2020 kembali digulirkan. Kota Medan, Sumatera Utara, dipilih menjadi persinggahan pertama yang digelar di GOR PBSI Sumut, 25-29 Februari mendatang.

Ini adalah penyelenggaraan tahun kelima sejak 2016 dimana Daihatsu mulai terlibat kerjasama dengan perusahaan aparel bulutangkis Astec yang tak lain dimiliki oleh dua legenda bulutangkis Indonesia, Alan Budikusuma dan Susy Susanti.

Medan dipilih sebagai destinasi pertama dari tujuh rangkaian turnamen yang digelar sepanjang musim 2020 karena dinilai memiliki sarana gedung olahraga yang memadai. Di samping itu juga dikenal sebagai salah satu kota yang memiliki bibit-bibit pebulutangkis potensial.

Di sisi lain, Hendrayadi Lastiyoso selaku Marketing & Customer Relations Division Head PT.Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), juga mengungkapkan kualitas turnamen ini dari tahun ke tahun terus meningkat. Dari tujuh rangkaian turnamen yang digelar tahun ini dibagi menjadi dua kategori, masing-masing kategori Sirkuit Nasional B serta kategori internasional Badminton Asia Confederation (BAC). Khusus untuk seri pertama di Medan masuk dalam kategori Sirkuit Nasional B.

"Meningkatnya level turnamen ini merupakan apresiasi dari Daihatsu atas tingginya animo para peserta terhadap olahraga bulutangkis sebagai salah satu olahraga yang digemari di Indonesia," lanjut Hendrayadi.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sumut, Baharuddin Siagian, yang hadir langsung meninjau turnamen. Ia mengatakan ajang Daihatsu Astec Open ini sangat bermanfaat sebagai arena uji tanding dan unjuk kualitas atlet Sumut.

Baharuddin Siagian juga menambahkan, turnamen DAO yang kali kedua digelar di Sumut juga sangat bermanfaat untuk menjaring bakat atlet muda. Nantinya atlet tersebut ketika mencapai usia emasnya tentu menjadi aset berharga untuk Sumut di arena sekelas Pekan Olahraga Nasional (PON).

"Kami berharap Ketua PBSI Sumut bisa juga meneruskan tidak hanya sarana dan prasarana tapi juga mencari atlet berbakat untuk dibawa ke tingkat nasional," tambahnya.

Sementara Ketua Bidang Pertandingan, Mimi Irawan menambahkan untuk penyelenggaraan seri pertama di Medan ini mempertandingkan empat kategori U-11, U-13, U-15 dan U-17. Para pemain yang ikut serta syaratnya harus dari klub yang telah terdaftar dalam sistem informasi PBSI.

"Jumlah pesertanya meningkat menjadi 560-an peserta dibandingkan tahun sebelumnya. Begtu pula total hadiah juga meningkat. Jika tahun lalu sekita Rp80-an juta, kini naik menjadi Rp104 juta," jelas Mimi.

Selain Medan, ajang Daihatsu Astec Open 2020 juga akan singgah di enam kota besar lainnya di Indonesia, masing-masing: Bogor (23-28 Maret), Solo (23-28 Juni), Makassar (14-18 Juli), Surabaya (10-15 Agustus), Pontianak (15-19 September) dan Jakarta (2-7 November). (MB-01)