Daihatsu Astec Open 2019: Persaingan Ketat di Surabaya

Sabtu, 28 September 2019 05:44:31

 

Majalahbulutangkis.com- Kota Surabaya kembali mendapat kepercayaan menjadi tuan rumah ajang bulutangkis bertajuk Daihatsu Astec Jatim Open 2019 yang digelar di GOR Soedirman, Surabaya, 7-12 Oktober mendatang.

Surabaya merupakan kota keenam yang disinggahi oleh event bagi para pebulutangkis belia ini dari tujuh rangkaian yang digelar sepanjang musim 2019 ini. Seri sebelumnya telah digelar masing-masing di Medan, Balikpapan, Bandung, Yogyakarta, serta Makassar, dengan telah melibatkan setidaknya 4.300 peserta.

Persaingan di ibukota Provinsi Jawa Timur ini dipastikan berlangsung ketat karena khusus untuk Daihatsu Astec Jatim Open 2019 ini level turnamennya telah masuk dalam agenda BAC (Badminton Asia Confederation). Dengan naiknya level turnamen ini maka dipastikan para peserta dari luar negeri juga akan ikut bersaing untuk mendapatkan poin BAC. Untuk sementara peserta yang sudah terdaftar mengikuti seri di Surabaya sebanyak 600 peserta.

Peningkatan level turnamen ini untuk mengapresiasi tingginya animo masyarakat terhadap olahraga bulutangkis yang merupakan salah satu cabang olahraga paling populer di Indonesia. Tidak hanya itu, melalui turnamen ini para atlit dapat memperbesar peluang untuk masuk seleksi Pelatnas (Pemusatan Latihan Nasional).

“Kami bersyukur jumlah peserta Daihatsu Astec Open terus bantambah, bahkan kami harus membatasi kuota untuk peserta, termasuk di Kota Surabaya yang saat ini jumlah peserta sudah mencapai 600 peserta. Itu pun harus kamu cut, mengingat jadwal yang singkat penyelenggaraan,” ujar Alan Budi Kusuma, penggagas event Daihatsu Astec Open  saat jumpa pers di Surabaya, Jumat (27/9).

lebih lanjut Alan mengatakan, peningkatan level turnamen ini untuk mengapresiasi tingginya animo masyarakat terhadap olahraga bulutangkis, yang merupakan salah satu cabang olahraga paling populer di Indonesia, setelah sepakbola.

“Peningkatan level melalui turnamen ini para atlet dapat memperbesar peluang untuk masuk seleksi Pelatnas dan berpeluang meningkatkan poin resmi yang terdaftar dan diakui oleh federasi bulutangkis tingkat dunia BWF,” ujarnya.

Secara umum, turnamen Daihatsu ASTEC Open 2019 dibagi menjadi beberapa kategori pemenang berdasarkan umur, dimulai dari U-13, U-15, U-17, U-19, Dewasa dan Veteran.
Selain menggelar pertandingan, turnamen ini juga mengadakan Coaching Clinic yang Iangsung melibatkan Alan dan Susy sebagai pembicara.

“Kami mengucapkan terimakasih atas dukungan dan partisipasi masyarakat yang mengikuti turnamen Daihatsu ASTEC Open 2019 ini,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor(ADM).

“Kami berharap melalui turnamen ini dapat melahirkan bibit-bibit muda bulutangkis dari berbagai daerah di Indonesia, khususnya Surabaya, hingga dapat berprestasi ke ajang kompetisi yang Iebih tinggi yang dapat mengharumkan nama bangsa,” harap Amelia. (Daryadi)