China Open 2019: Tiga Tunggal Putra Lanjut ke Babak Kedua

Kamis, 19 September 2019 06:52:59

 

Majalahbulutangkis.com- Kubu Indonesia masih menyisakan tiga tunggal putra andalannya di babak kedua ajang bulutangkis Victor China Open 2019 di Changzhou, Tiongkok, masing-masing Anthony Sinisuka Ginting, Shesar Hiren Rhustavito, serta Tommy Sugiarto.

Ketiganya dijadwalkan akan beraksi kembali di babak kedua Kamis ini (19/9). Tommy mendapat kesempatan pertama menghadapi pemain nomor 1 dunia asal Jepang, Kento Momota. Berikutnya Shesar akan dijajal Ng Ka Long Angus (Hong Kong). Menyusul Anthony yang juga juara bertahan turnamen BWF Super 1000 berhadiah total 1 juta dolar AS ini akan ditantang Kahsyap Parupali (India).

Tommy melaju ke putaran kedua setelah mengalahkan Wong Wing Ki Vincent (Hong Kong) 21-10, 21-15. Sedangkan Shesar sukses memenangkan laga perang saudara melawan Jonatan Christie 23-21, 18-21, 21-10. Tak kalah cemerlang, Anthony pun berhasil mengalahkan salah satu andalan Jepang, Kenta Nishimoto dalam laga tiga game 21-14, 19-21, 21-13.

Anthony bermain cukup baik di babak pertama. Juara bertahan ini sempat tertinggal 1-5 di game pertama, namun ia mengejar dan menyamakan kedudukan. Di game kedua, Anthony pun sempat ketinggalan di awal, akan tetapi ia mampu mengambil kontrol permainan dan menghentikan Nishimoto. Namun sayangnya ia banyak melakukan kesalahan sendiri.

Di game ketiga, Anthony langsung tancap gas dan tidak memberikan kesempatan pada Nishimoto untuk berkembang.

"Pada game ketiga, saya memanfaatkan pergereakan kaki lawan yang sudah tidak secepat sebelumnya. Saya tetap banyak menyerang, tapi variasikan dengan reli-reli panjang juga," kata Anthony soal kemenangannya.

"Saya kehilangan game kedua karena lawan bermain lebih agresif, lebih banyak inisiatif menyerang. Kondisi lapangan di game kedua 'menang angin', jadi pola main dan strateginya beda lagi dengan di game pertama," ungkap Anthony.

"Mau lawan siapa pun sekarang tidak boleh lengah. Status unggulan hanya di atas kertas, di lapangan kan beda lagi. Kalau tahun lalu saya dapat undian berat, tahun ini pun juga tidak mudah. Saya tidak mau memikirkan kalau saya juara bertahan, fokus pada yang ini saja," tutur Anthony.

Sementara itu dari nomor ganda campuran, pasangan Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow akhirnya memenangkan laga sengit rubber game melawan Rodion Alimov/Alina Davletova (Rusia), dengan skor 21-13, 16-21, 26-24.

Dua wakil Indonesia juga telah merebut tiket babak kedua. Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira/Ade Yusuf Santoso meraih kemenangan atas Marcus Ellis/Chris Langridge (Inggris) dengan skor 22-20, 21-19. Sedangkan ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan mengalahkan Manu Attri/Reddy B.Sumeeth dari India dengan skor 21-15, 21-15. (MB-01)