BWF Finals 2019: Hendra/Ahsan Amankan Tiket ke Semifinal

Jumat, 13 Desember 2019 06:49:45

 

Majalahbulutangkis.com- Ganda putra senior Indonesia, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan memastikan tiket ke semifinal ajang BWF World Tour Finals 2019 di Guangzhou, Tiongkok. Sukses itu diraih setelah mencatat kemenangan kedua di penyisihan Grup B melawan pasangan Taiwan, Lu Ching Yao/Yang Po Han dalam laga tiga games 21-10, 15-21, 21-19 di Tianhe Gymnasium, Tiongkok, Kamis (12/12).

Menang mudah di game pertama, The Daddies justeru harus dibuat kerepotan dengan permainan lawan pada game kedua. Kondisi angin yang berangin juga menjadi kendala tambahan yang harus dihadapi Hendra/Ahsan di game kedua.

“Alhamdulillah bisa menang lagi hari ini. Saya rasa kendalanya masih sama, kondisi angin di lapangan. Di game pertama kami bisa menang cukup jauh karena memang kondisi anginnya cocok buat main nyerang. Tapi di game kedua, buat defend pun kami cukup kesulitan karena tekanannya sangat kencang,” kata Mohammad Ahsan.

Memasuki game penentu, perolehan poin Hendra/Ahsan terus dibayang-bayangi Lu/Yang. Beruntung, ganda putra peringkat dua dunia ini mampu mengantisipasi kendala angin di lapangan dan permainan no-lob yang diperlihatkan pasangan Taiwan itu.

“Di game ketiga, mau nggak mau kami harus melawan. Kami coba main no-lob, karena kalau kami angkat bola, lawan serangannya kencang juga. Jadi kami juga harus bisa melawan dan meladeni permainan mereka,” jelas Hendra Setiawan.

Sudah dipastikan lolos ke babak semifinal BWF World Tour Finals 2019 Guangzhou, Hendra/Ahsan masih punya satu pertandingan lagi di fase penyisihan Grup B. Selanjutnya, Hendra/Ahsan akan berjumpa wakil Taiwan, Lee Yang/Wang Chi Lin untuk memperebutkan posisi juara Grup B.

Sementara di laga lainnya di penyisihan Grup A, pasangan andalan Indonesia lainnya Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon harus mengakui keunggulan pasangan Jepang, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe dalam laga tiga game 11-21, 21-14 dan 11-21.

Mengawali pertarungan di game pertama, The Minions harus tertinggal cukup jauh, 3-11 atas Endo/Watanabe. Setelah jeda interval pun, Kevin/Marcus belum berhasil mengejar ketertinggalan dan kalah 11-21. Baru pada game kedua, ganda putra peringkat satu dunia ini mampu membuktikan taringnya dengan mendominasi jalannya permainan dan merebut kemenangan dengan skor 21-14.

Sayangnya, penampilan Kevin/Marcus kembali menurun pada game ketiga. Mereka terus berada di bawah baying-bayang permainan lawan, hingga akhirnya harus menyerah dengan skor 11-21.

“Hari ini lawan lebih siap dari kami dan mainnya juga lebih baik,” kata Kevin Sanjaya Sukamuljo.

“Lawannya nggak gampang mati. Terus hari ini juga shuttlecock-nya lebih berat daripada kemarin. Dan tenaga kami juga banyak terkuras. Kami juga merasakan defend hari ini kurang rapat dan kalah rapat dari lawan. Selain itu, di akhir-akhir kami banyak mati sendiri,” sambung Marcus.

Dengan hasil ini, maka pasangan Endo/Watanabe sudah dipastikan lolos ke babak semifinal BWF World Tour Finals 2019 Guangzhou. Sementara Kevin/Marcus yang baru mengoleksi satu kemenangan, masih harus berjuang di laga terakhir fase Grup A bila ingin lolos ke empat besar. Selanjutnya, The Minions akan berhadapan dengan Takeshi Kamura/Keigo Sonoda (Jepang).

“Untuk di laga ketiga kami akan berusaha melakukan yang terbaik saja,” ujar Kevin.

“Yang pasti kami akan lakukan yang terbaik untuk besok. Karena peluang selalu ada untuk siapapun,” lanjut Marcus menambahkan. (MB-01)