Blibli.com Indonesia Open 2018 Tanpa Kualifikasi

Senin, 14 Mei 2018 20:49:56

 

Majalahbulutangkis.com- Ajang bulutangkis terbesar di tanah air Blibli.com Indonesia Open 2018 yang digelar di Jakarta, 3-8 Juli 2018 mendatang, dipastikan hanya diikuti 32 kontestan di masing-masing nomor pertandingan. Makin sedikitnya peserta karena turnamen ini memang tidak menggelar babak kualifikasi.

“Peningkatan level turnamen Blibli Indonesia Open 2018 ini juga diikuti dengan perubahan sistem pertandingan. Mulai tahun ini, tidak akan ada babak kualifikasi karena pemain yang berhak dan wajib berpartisipasi hanya yang masuk dalam rangking 32 terbaik dunia. Sistem terbaru ini menjadikan turnamen Blibli Indonesia Open 2018 semakin eksklusif dan bergengsi,” ujar Achmad Budiharto, Ketua Panitia Pelaksana Blibli Indonesia Open 2018 dalam jumpa pers di Jakarta, Senin petang (14/5).

Dengan aturan seperti ini memang suka tak suka makin mempersempit peluang pemain Indonesia untuk bisa beraksi di depan publik sendiri. Lanjut Achmad Budiharto, aturan ini memang sudah menjadi ketetapan dari BWF yang tidak mengenal pemberian wildcard untuk pemain tuan rumah.

Sementara Ketua Umum PBSI Wiranto berharap para pemain Indonesia mampu memanfaatkan event ini semaksimal mungkin. Wiranto yang juga Menkopolhukam ini tak menampik persaingan yang tersaji bakal makin sengit.

"Namun saya berharap tetap akan ada gelar juara yang bisa dipersembahkan oleh para pemain Indonesia," ujar Wiranto.

Susy Susanti, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, juga menambahkan pihaknya memang membidik setidaknya satu gelar juara bisa diraih di turnamen Blibli.com Indonesia Open 2018.

“Target tersebut cukup realistis mengingat kita memiliki atlet-atlet yang berprestasi. Untuk itu, kami akan mempersiapkan para atlet ini sebaik mungkin untuk meraih prestasi yang membanggakan dan memenuhi target yang sudah dicanangkan,” ujar Susy Susanti.

Dikenal sebagai turnamen BWF terbaik dan terfavorit oleh para atlet bulutangkis dunia, Blibli Indonesia Open 2018 ini memperebutkan hadiah total senilai USD 1.250.000 atau hampir sekitar Rp 17 miliar. Kenaikan total hadiah yang diperebutkan ini juga sejalan dengan turnamen yang juga mengalami peningkatan level. Setelah sebelumnya Indonesia Open tergabung dalam rangkaian turnamen Superseries Premier, mulai tahun ini Blibli Indonesia Open 2018 akan tergabung dalam rangkaian turnamen HSBC BWF World Tour Super 1000.

Dari seluruh turnamen bulutangkis dunia, hanya ada tiga turnamen yang masuk dalam rangkaian turnamen HSBC BWF World Tour Super 1000, yaitu China Open, All-England, dan Indonesia Open. Dengan hadiah total senilai USD 1.250.000 mengukuhkan Blibli Indonesia Open 2018 sebagai turnamen BWF dengan hadiah terbesar.

“Setelah mendukung berbagai turnamen bulutangkis baik nasional maupun internasional, kami sangat bangga mendapat kesempatan untuk menjadi sponsor utama kejuaraan bulutangkis bergengsi internasional yang selalu dinanti-nantikan para atlet top dunia dan masyarakat Indonesia. Blibli Indonesia Open 2018 ini merupakan bentuk komitmen kami untuk memajukan bulutangkis Indonesia sebagai salah satu cabang olahraga yang konsisten mengharumkan nama bangsa. Blibli Indonesia Open 2018 akan menyajikan pengalaman menonton turnamen bulutangkis yang berbeda sebagai bentuk totalitas kami untuk mendukung semua kegiatan positif masyarakat Indonesia,” ujar Chief Executive Officer (CEO) Blibli.com, Kusumo Martanto. (Daryadi)