Blibli Indonesia Open 2019: Hanya Minions dan Daddies yang ke Semifinal

Sabtu, 20 Juli 2019 06:20:55

Majalahbulutangkis.com- Apa hendak dikata, tuan rumah Indonesia akhirnya hanya mampu menyisakan dua wakilnya di babak semifinal ajang bulutangkis Blibli Indonesia Open 2019 di Istora Senayan, Jakarta, melalui dua pasangan ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan.

Tiket pertama direbut Hendra/Ahsan usai mengandaskan pasangan Jepang, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe dengan skor 21-15, 9-21 dan 22-20 di babak perempat final Jumat (19/7).

Pasangan berjuluk The Daddies harus melalui pertarungan menegangkan di akhir-akhir game ketiga. Meski sempat tertinggal delapan poin, pasangan Endo/Watanabe bermain begitu sabar sampai akhirnya mampu menyamakan kedudukan menjadi 20-20. Namun, kualitas kelas atas dan kematangan pengalaman yang dimiliki Hendra/Ahsan, mampu mengandaskan harapan Endo/Watanabe untuk melaju ke babak empat besar.

“Syukur alhamdulillah, di pertandingan hari ini kita bisa melewati partai krusial. Karena sudah memimpin, di atas angin, tapi sempat tersusul lawan yang balik unggul. Tapi Alhamdulillah, kita bisa menang,” ujar Mohammad Ahsan usai bertanding.

Meski mampu memenangkan pertandingan dan mengamankan satu tempat di babak semifinal Blibli Indonesia Open 2019 part of HSBC BWF World Tour Super 1000, Ahsan tetap memuji penampilan pasangan Endo/Watanabe. Menurut pebulutangkis jebolan PB Djarum Kudus ini, Endo/Watanabe memiliki pertahanan yang kokoh dan tidak mudah untuk ditembus.

“Kita sempat bermain kurang sabar di game kedua dan akhir game ketiga, mereka mengumpan tapi mereka punya defense yang baik,” ungkapnya.

Berikutnya giliran Kevin/Marcus yang tampil cemerlang untuk menghempaskan pasangan racikan baru dari Tiongkok, Ou Xuan Yi/Zhang Nan dengan skor 21-12 dan 21-16.

Kevin/Marcus langsung tancap gas dengan memperlihatkan permainan menyerang sejak pertandingan dimulai. Beberapa serangan-serangan yang dilepaskan The Minions tak kuasa diantisipasi Ou/Zhang. “Hari ini kita bermain cukup baik dan kita bisa mengontrol jalannya permainan kali ini. Dan sebenarnya lawan hari ini juga bermain dengan sangat baik,” ujar Kevin Sanjaya Sukamuljo.

“Mereka punya kecepatan, tenaga dan serangan-serangan yang bagus. Tapi hari ini kita sedikit lebih siap dari mereka sejak awal pertandingan. Mereka memang tampil lebih berani di game kedua. Di game pertama mungkin mereka masih gugup, tapi di game kedua mereka bisa main lebih safe,” sambung Kevin menambahkan.

Lolos ke babak semifinal Blibli Indonesia Open 2019 part of HSBC BWF World Tour Super 1000, The Minions akan kembali berhadapan dengan ganda putra Tiongkok, Li Junhui/Liu Yuchen. Ini akan menjadi perjumpaan ke-11 bagi kedua pasangan. Untuk sementara Kevin/Marcus unggul dalam catatan delapan kali kemenangan atas Li/Liu.

“Kalau menurut saya, head to head itu nggak berpengaruh. Karena kalau sudah di lapangan, kita sama-sama mulai dari 0-0. Dan kita sudah sama-sama tahu kelebihan dan kekurangan lawan. Memang selalu ramai juga setiap melawan mereka. Walaupun menang atau kalah, permainannya nggak pernah mudah. Yang paling penting kita harus siap memberikan yang terbaik saja buat besok,” tegas Kevin.

Di sisi lain, Marcus Fernaldi Gideon juga setuju dengan apa yang dilontarkan Kevin. Menurut Marcus, ia harus lebih mewaspadai permainan bola-bola atas dari Li/Liu. “Mereka pasti serangannya kencang dan tenaga nya kuat. Apalagi mereka kan tinggi-tinggi, jadi bola-bola atasnya lebih susah. Dan itu yang harus kita antisipasi di pertemuan besok,” pungkas Marcus.

Sementara itu, pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto belum berhasil mengikuti keberhasilan Kevin/Marcus untuk lolos ke semifinal Blibli Indonesia Open 2019 part of HSBC BWF World Tour Super 1000. Fajar/Rian dipaksa menyerah dalam pertarungan dua game langsung atas ganda putra Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi dengan skor 19-21 dan 12-21.

“Hari ini kita tidak bermain sesuai dengan harapan. Di sisi lain lawan bermain bagus dan sudah mengantisipasi pola main kita. Dan kita cukup kesulitan untuk mengubah pola permainan sendiri. DItambah lagi banyak mati sendiri,” ungkap Muhammad Rian Ardianto selepas pertandingan.

“Di game pertama kita banyak melakukan kesalahan sendiri, dan di game keduanya malah terus-terusan tertekan. Lawan bermain konsisten dan bagus hari ini. Pastinya kecewa dengan hasil ini karena di luar dari harapan kita. Intinya kita nggak puas dengan hasil hari ini,” jelas Fajar Alfian menambahkan.

Indonesia juga terpaksa kehilangan dua wakilnya di babak perempat final Blibli Indonesia Open 2019 part of HSBC BWF World Tour Super 1000 melalui ganda campuran Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow dan tunggal putra Jonatan Christie.

Tontowi/Winny harus mengakui keunggulan pasangan Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying dengan kekalahan 11-21, 21-14 dan 14-21. Sedangkan Jonatan, dipaksa menyerah 21-16, 18-21 dan 14-21 dari wakil Taiwan, Chou Tien Chen. (Daryadi)