Bentrok Sesama Ganda Putra Indonesia Awali Yonex Thailand Open

Senin, 11 Januari 2021 20:57:03

 

Majalahbulutangkis.com- Pertarungan sesama pasangan ganda putra Indonesia tak bisa terelakkan di putaran pertama ajang bulutangkis BWF Super 1000 Yonex Thailand Open yang akan mulai digelar di Impact Arena, Bangkok, Selasa pagi besok (12/1).

Pasangan senior Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan yang menempati unggulan kedua di turnamen berhadiah total 1 juta dolar AS ini akan diuji yuniornya Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan. Di partai lainnya dua pasangan muda Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana dan  Daniel Marthin/Leo Rollycarnando juga harus saling jegal untuk melaju ke putaran kedua.

"Meski melawan rekan sendiri, yang pasti harus langsung fokus. Kita latihan bareng sudah sama-sama tahu kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi kalau bisa harus langsung in mainnya," tutur Hendra Setiawan.

Bagi Yeremia, bisa tampil di turnamen BWF Super 1000 sudah merupakan prestasi tersendiri. Ini adalah penampilan pertamanya di turnamen BWF level tertinggi.

"Rasanya ya senang sekali. Apalagi tampil di turnamen level Super 1000. Wah, keren aja, senang sekali karena selama ini belum pernah mencoba main di level ini," ujar Yeremia.

Sedangkan satu pasangan lainnya Fajar Alfian/Muhamad Rian Ardianto akan diuji pasangan tuan rumah Thailand, Nipitphon P/Tanupat Viriyangkura.

Di ajang bulutangkis yang masih masuk dalam rangkaian BWF World Tour 2020 ini, Indonesia menurunkan sebanyak 16 wakil di lima nomor pertandingan. Seluruh pemain dan rombongan telah berada di Bangkok sejak Senin pekan lalu.

"Para pemain sudah siap tempur. Mereka seperti sudah tidak sabar untuk bertanding kembali setelah sejak Maret tahun lalu vakum tidak bertanding. Anak-anak juga dalam kondisi baik tidak ada yang sakit," ujar Rionny Mainaky, Kabid Binpres PP PBSI.

Sebagai persiapan terakhir, Skuad Garuda hari Senin siang menjalani latihan terakhir di arena yang akan menjadi tempat berlaga. Meskipun hanya 75 menit, pemain menunjukkan semangat dan antusias untuk menghadapi kejuaraan.

"Siang ini latihan lagi di Impact Arena untuk adaptasi lapangan, antisipasi arah angin, dan kondisi lapangan. Semua siap untuk menunjukkan performa terbaik," tambah Rionny, yang merangkap pelatih tunggal putri.

Sebagai bagian dari upaya menjaga pemain dari pandemi Covid-19, setelah berlatih, pemain kembali menjalani swab test PCR. Ini merupakan tes usap ketiga sejak kedatangan mereka.
 
Dituturkan oleh Manajer Tim Aryono Miranat, dirinya melihat para pemain sudah tidak sabar mengayun raket. Pemain seperti rindu untuk berlaga kembali.

"Saya lihat ada semangat dari para pemain. Semoga hasilnya nanti juga memuaskan," tegas Aryono yang juga asisten pelatih ganda putra ini.

Para pemain seperti Jonatan Christie dan Ribka Sugiarto pun menyebut ingin menampilkan performa terbaiknya. Apalagi sudah lama tidak berkompetisi.

"Karena ini pertandingan resmi lagi setelah sembilan bulan tidak tanding, pastinya yang pertama harus tampil berani dan percaya dirinya juga harus ditingkatkan," ujar Jojo.

Sedangkan Ribka menyebut, persoalan adaptasi di tengah lapangan dengan adanya hembusan angin harus segera diatasi. "Insya Allah lancar, cuma mungkin masih adaptasi dengan hembusan anginnya saja," kata Ribka, pemain ganda putri.

JADWAL PERTANDINGAN BABAK 1 PEMAIN INDONESIA

I. TUNGGAL PUTRA
1. Anthony Sinisuka Ginting vs Heo Hwang Hee (Kor)
2. Jonatan Christie vs Loh Kean Yew (Sing)
3. Shesar Hiren Rhustavito vs Sameer Verma (Ind)

II. TUNGGAL PUTRI
1. Gregoria Mariska Tunjung vs Sung Ji Hyun (Kor)
2. Ruselli Hartawan vs Supanida Katethong (Thai)

III. GANDA PUTRA
1. Hendra Setiawan/Moh.Ahsan (2) vs Pramudya Kusumawadhana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambutan
2. Fajar Alfian/M.Rian Ardianto (5) vs Nipitphon P/Tanupat Viriyangkura (Thai)
3. Muhamad Shohibul Fikri/Bagas Maulana vs Leo Rolly C/Daniel Marthin

IV. GANDA PUTRI
1. Greysia Polii/Apriyani Rahayu (5) vs Rachel Honderich/Kristen Tsai (Can)
2. Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto vs Emilie Lefel/Anne Tran (French)

V. GANDA CAMPURAN
1. Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti vs Niclas Nohr/Amelie Magelund (Den)
2. Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso vs Chan Peng Soon/Goh Liu Ying (Mal)
3. Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja (6) vs Satwiksairaj Rankireddy/Ashwini Ponnapa (Ind)
4. Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari vs Supak Jomkoh/Supissara Paesapran (Thai)
(Daryadi)