BAC 2020: Putri Indonesia Gulunga Filipina 5-0

Rabu, 12 Febuari 2020 14:23:16

 

Majalahbulutangkis.com- Tim putri Indonesia masih terlalu perkasa bagi tuan rumah Filipina. Fakta itu terlihat saat kedua tim saling berhadapan di babak penyisihan Grup Y di ajang Badminton Asia Team Championships 2020 di Manila, Rabu (12/2). Tanpa kesulitan berarti pasukan Merah Putih unggul telak 5-0 atas tim Filipina.

Di partai pertama Gregoria Mariska Tunjung memang sempat kehilangan game pertama saat menghadapi tunggal pertama Filipina, Airah Mae Nicole Albo. Namun dengan pengalaman yang lebih matang Gregoria akhirnya unggul dalam laga tiga game 19-21, 21-11, 21-9.

Tertinggal 8-11 di interval game pertama, Gregoria balik ungguli lawan dengan kedudukan 15-14. Gregoria sempat melayangkan protes kepada wasit saat kedudukan 14-13 dan Gregoria melakukan servis, lawan memberikan tanda belum siap tapi tetap mengembalikan bola ke arah Gregoria. Gregoria pun tidak mengembalikan bola dan hendak mengulang servis tersebut. Namun wasit justru memberikan angka kepada Albo.

Hal ini tampaknya mempengaruhi Gregoria, lawan pun semakin percaya diri dan menutup game pertama dengan kemenangan.

“Di game pertama, saya masih menyesuaikan diri dengan kondisi lapangan. Kalau angin sebetulnya tidak ada masalah, tapi ada bagian lapangan yang agak gelap. Lawan sebetulnya bola-bolanya polos, tapi tenaga dia kuat. Saya pernah ketemu dia waktu level junior, sudah lama sekali,” jelas Gregoria.

Kubu Indonesia memang menurunkan kekuatan terbaik meski yang dihadapi levelnya di bawah. Terlihat di partai kedua pasangan terbaik Greysia Polii/Apriyani Rahayu juga diturunkan menghadapi pasangan Alyssa Yasbel Leonardo/Thea Marie Pomar. Hasilnya Greysia/Apriyani unggul dua game langsung 21-18, 21-12.

Kemenangan Indonesia 3-0 ditentukan oleh Ruselli Hartawan yang tampil di partai ketiga dengan mengalahkan Maria Bianca Ysabel Carlos dengan skor 21-10, 21-18.

“Saya bersyukur bisa menambah poin untuk tim dan menang. Kalau melihat kekuatan kan memang tim kami harus menang, prediksinya memang 3-0 duluan, semoga bisa menang 5-0,” kata Ruselli.

Predisi Ruselli memang terbukti. Pada pertandingan dua partai berikutnya juga dimenangkan wakil Indonesia. Di partai keempat yang kembali memainkan nomor ganda, pasangan Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto tak banyak kesulitan untuk menggilas pasangan Joella Geva De Vera/Lunod Chanelle dua game langsung 21-7, 21-8

Sukses tim Indonesia akhirnya dilengkapi oleh Putri Kusuma Wardhani yang sukses mengalahkan Sarah Joy Barredo dalam laga dua game 21-19, 21-14

"Saya merasa lawan tidak mudah dimatikan, walaupun kelihatannya langkahnya berat. Padahal tadi sudah usaha untuk bikin lawan lari-lari, sepertinya dia tidak bisa mengembalikan, tapi ternyata bolanya masih balik ke saya,” jelas Putri.

“Dari awal saya diturunkan, saya mau menyumbang angka untuk tim. Tapi jujur di awal, rasa tegang itu ada. Waktu di game pertama yang poinnya ramai tadi, saya berpikir dapat satu demi satu poin dulu, main saja deh, nggak usah mikir menang-kalah dulu,” lanjut Putri.

Di laga penyisihan selanjutnya, tim putri Indonesia akan bertemu Thailand. Pertandingan ini akan menjadi penentu siapa yang akan menduduki puncak klasemen grup Y. Thailand sementara unggul di puncak klasemen usai kemarin mengalahkan Filipina dengan skor 5-0.

Berikut hasil pertandingan Indonesia vs Filipina (5-0):

1.Gregoria Mariska Tunjung vs Airah Mae Nicole Albo 19-21, 21-11, 21-9

2.Greysia Polii/Apriyani Rahayu vs Alyssa Yasbel Leonardo/Thea Marie Pomar 21-18, 21-12

3.Ruselli Hartawan vs Maria Bianca Ysabel Carlos 21-10, 21-18

4.Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto vs Joella Geva De Vera/Lunod Chanelle 21-7, 21-8

5.Putri Kusuma Wardani vs Sarah Joy Barredo 21-19, 21-14. (MB-01)