Australia Open 2019: Greysia/Apriyani Singkirkan Wakana/Mayu

Sabtu, 08 Juni 2019 12:58:34

 

Majalahbulutangkis.com- Pasangan ganda putri terbaik Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu memastikan satu tiket ke semifinal ajang bulutangkis Australia Open 2019 di Sydney, Australia.

Greysia/Apriyani yang menempati unggulan kelima di turnamen BWF Super 300 berhadiah total 150.000 dolar AS ini mampu membuat kejutan di perempat final Jumat (7/6) dengan menumbangkan pasangan nomor 1 dunia sekaligus unggulan teratas Wakana Nagahara/Mayu Matsumoto (Jepang) dua game langsung 21-19, 21-18.

Kemenangan ini bagi Greysia/Apriyani sekaligus memecah kebuntuan mereka saat menghadapi pasangan asal Jepang. Selama ini Greysia/Apriyani memang lebih banyak kalah saat berhadapan dengan ganda putri dari Negeri Sakura.

Wakana/Mayu pun bukan lawan baru buat Greysia/Apriyani. Sebelumnya Greysia/Apriyani sudah pernah tiga kalah dari Wakana/Mayu. Terakhir mereka kalah di babak semifinal Piala Sudirman 2019 di Nanning, Tiongkok, Mei lalu.

Lolos dari hadangan Wakana/Mayu, lawan berat berikutnya sudah menanti Greysia/Apriyani yakni pasangan terbaik Tiongkok, Chen Qingchen/Jia Yifan yang menempati unggulan ketiga.

Selain Greysia/Apriyani, kubu Indonesia juga meloloskan tiga wakil lainnya. Di nomor ganda campuran pasangan andalan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti di perempat final sukses menyingkirkan pasangan terbaik Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying dua game langsung 21-18, 22-20.

Di semifinal Praveen/Melati yang menempati unggulan keenam akan menantang unggulan kedua asal Jepang, Yuta Watanabe/Arisa Higashino.

Sementara di nomor tunggal putra, dua andalan Indonesia Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie juga melaju ke semifinal.

Anthony yang menempati unggulan kedua mengalahkan seniornya untuk pertama kali Tommy Sugiarto. Laga hanya berjalan satu game 21-6 untuk keunggulan Anthony. Di game kedua Tommy tak mampu melanjutkan pertandingan akibat cedera.

Sedangkan Jonatan sukses menyisihkan pemain senior Tiongkok, Lin Dan dua game langsung dua game langsung 21-9, 24-22. Di semifinal Jonatan akan menantang unggulan teratas Chou Tien Chen (Taiwan). Di ajang Piala Sudirman 2019 lalu di Nanning, Jonatan dibuat tak berkutik oleh Chou Tien Chen. Di semifinal lainnya Anthony akan ditantang pemain asal Taiwan lainnya Wang Tzu Wei. (MB-01)