All England 2019: Tommy Kandas di Tangan Ng Ka Long

Sabtu, 09 Maret 2019 09:48:17

 

Majalahbulutangkis.com- Tunggal putra senior Indonesia, Tommy Sugiarto gagal memanfaatkan peluang untuk melaju ke semifinal ajang bulutangkis All England 2019 di Arena Birmingham, Inggris. Di laga perempat finat Jumat malam (8/3) Tommy dipaksa mengakui keunggulan wakil Hong Kong, Ng Ka Long Angus lewat pertarungan rubber game, 21-16, 14-21, 15-21.

Tommy merupakan tunggal putra Indonesia yang tersisa di perempat final All England 2019. Sebelumnya, Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie juga terhenti. Tommy membuka permainan dengan kemenangan di game pertama. Akan tetapi ia tak dapat menguasai permainan pada game kedua dan terus berada di bawah tekanan Ng.

"Saya bisa mengontrol di game pertama, tapi di game kedua kecepatan saya menurun. Lawan pun mengubah strategi. Di interval game kedua, saya terburu-buru ingin menyamakan poin, ini jadi bumerang buat saya. Lawan fokus, saya malah buru-buru," jelas Tommy soal permainan.

"Di game ketiga, lawan sudah percaya diri karena unggul beberapa poin, saya coba terus untuk tambah poin, tapi lawan kan sudah lebih banyak poinnya, ini yang lebih menyulitkan buat saya. Soal stamina, jujur memang sangat melelahkan. Tapi memang perjalanan saya seperti ini, recovery nya kurang cepat," tambahnya.

Yang menarik, jika kemarin Tommy didampingi Hendra Setiawan dan Mohammad Ahsan, kali ini Ahsan yang sedang menjalani tes doping berhalangan dan digantikan dengan Nova Widianto, Asisten Pelatih Ganda Campuran PP PBSI.

"Saya berterima kasih kepada PBSI yang sudah menawarkan bantuan untuk pendampingan di lapangan. Meskipun sebagai pemain independen, saya tahu, memang terbiasa dengan kondisi begini. Tadi cik Susy (Susanti) yang menawarkan, apakah mau didampingi pelatih," ujar Tommy.

Selain Tommy, kegagalan juga dialami dua ganda putri Indonesia. Pasangan Ni Ketut Mahadewi Istarani/Rizki Amelia Pradipta kandas di tangan pasangan Jepang, Shiho Tanaka/Koharu Yonemoto 16-21, 17-21.

Berikutnya Greysia Polii/Apriyani Rahayu juga harus mengakui keunggulan pasangan andalan Tiongkok, Chen Qingchen/Jia Yifan dua game langsung 19-21, 17-21.

Sementara di ganda campuran pasangan anyar Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow kandas di tangan juara bertahan Yuta Watanabe/Arisa Higashino dua game langsung 22-24, 19-21.

Beruntung satu pasangan lainnya Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti berhasil melangkah ke semifinal usai mengalahkan unggulan keempat asal Thailand, Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai dalam laga tiga game 16-21, 21-12, 21-17.

Di semifinal Praveen/Melati akan menantang unggulan pertama Zheng Siwei/Huang Yaqiong (Tiongkok) yang sebelumnya menundukkan harapan terakhir tuan rumah Inggris, Chris/Gabriele Adcock 21-16, 21-12. (MB-01)