All England 2019: Ganda Putra Indonesia Sisakan Dua Wakil

Kamis, 07 Maret 2019 12:25:21

 

Majalahbulutangkis.com- Pasangan ganda putra andalan Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon gagal memenuhi ambisinya meraih gelar ketiga beruntun atau hat-trick di ajang All England 2019 yang digelar di Arena Birmingham, Inggris.

Pasangan peringkat 1 dunia yang juga unggulan teratas di turnamen BWF Super 1000 ini harus pulang lebih awal setelah dikalahkan pasangan Tiongkok, Zhang Nan/Liu Cheng dalam laga tiga game 19-21, 22-20, 17-21 di babak pertama Rabu malam (6/3).

Kekalahan ini tak pelak menjadi pukulan telak bagi kubu Merah Putih. Maklum, pasangan berjuluk Minions ini memang digadang-gadang untuk memenangkan gelar ketiganya sekaligus memenuhi target satu gelar di ajang All England 2019.

Penampilan Kevin/Marcus memang tak seperti biasanya, kedua pemain ini sering berada di bawah tekanan Zhang/Liu. Setelah menelan kekalahan di game pertama, pasangan rangking satu dunia tersebut kehilangan satu poin pertama di game kedua, buah dari kartu merah yang diberikan wasit kepada Marcus. Ia dianggap terlambat kembali ke lapangan setelah rehat 20 detik.

 "Nggak tahu juga kenapa, katanya telat masuk lapangan, padahal barengan (dengan lawan). Pasti ada pengaruhnya, lumayan lawan dapat satu poin," ujar Marcus soal kartu merah.

Kevin/Marcus yang merupakan juara All England dua kali pada tahun 2017 dan 2018, tahun ini sebetulnya berpeluang untuk mencetak hat-trick.

"Hari ini saya tampil kurang baik, lawan lebih siap dari kami. Soal beban pasti ada, cuma ya nggak terlalu siap ke sini, persiapan memang kurang," tambah Marcus.

"Soal lawan, nggak ada perubahan terlalu banyak, kurang lebih permainan mereka sama seperti itu. Masih banyak yang perlu ditingkatkan dari kami," kata Kevin.

Di sektor ganda putra kubu Indonesia diwakili lima pasangan terbaiknya. Namun, di babak pertama kemarin selain Kevin/Marcus, dua pasangan lainnya ikut rontok, yakni pasangan Berry Angriawan/Hardianto serta Wahyu Nayaka/Ade Yusuf.

Berry/Hardianto kandas di tangan pasangan andalan Malaysia, Goh V Shem/Tan Wee Kiong dalam duel tiga game 14-21, 21-17, 17-21. Sedangkan Wahyu/Ade kandas di tangan pasangan unggulan kelima asal Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen juga dalam laga tiga game 18-21, 21-15, 20-22.

Dua pasangan lain yang masih melaju adalah Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan serta Fajar Alfian/Rian Ardianto. Di laga pertama Hendra/Ahsan sukses mengatasi pasangan tuan rumah Inggris, Marcus Ellis/Chris Langridge 21-19, 21-12. Lawan mereka di babak kedua adalah pasangan senior Rusia, Vladimir Ivanov/Ivan Sozonov.

Sementara Fajar/Rian sukses mengandaskan perlawanan pasangan senior Korsel, Ko Sung Hyun/Shin Baek Cheol dua game langsung 23-21, 21-14. Selanjutnya di babak kedua mereka akan dijajal pasangan muda Tiongkok, Ou Xuanyi/Ren Xiangyu. (MB-01)