Akibat Pandemi Kevin Setahun tak Jumpa Orang Tua

Senin, 04 Januari 2021 20:39:20

 

Majalahbulutangkis.com- Setahun tidak bertemu tentu tak terbayang rasa kangen yang dipendam pasangan Sugiarto Sukamuljo dan Niawiti terhadap putra bungsu kesayangannya Kevin Sanjaya Sukamuljo. Namun, kerinduan itu sepertinya belum akan berujung dengan pertemuan setelah Kevin dinyatakan positif terjangkit Covid-19.

"Saya sempat kaget ketika Kevin sendiri yang memberi kabar kalau dia terjangkit Covid-19. Orang tua mana yang tidak bingung dan gelisah ketika anaknya tertular virus mematikan itu, sementara kami jauh dan gak bisa berbuat apa-apa," ujar Niawiti kepada Majalahbulutangkis.com.

Kevin mengabari orang tuanya jika ia terjangkit Covid-19 setelah menjalani test PCR di Jakarta, Kamis (31/12) lalu. Akibat terpapar Covid-19 Kevin pun harus melupakan impiannya tampil di tiga ajang bergengsi di Bangkok, Thailand, pekan depan, masing-masing Yonex Thailand Open (12-17 Januari 2021), Toyota Thailand Open (19-24 Januari 2021), serta BWF World Finals (26-31 Januari 2021).

Menurut Niawiti, akibat merebaknya pandemi Covid-19, intensitas pertemuannya dengan Kevin memang sangat terganggu. Orang tua Kevin sejak dulu memang tidak pernah meninggalkan kota kelahirannya di Banyuwangi, Jawa Timur. Sedangkan Kevin terhitung sejak diterima di PB.Djarum lewat jalur audisi pada 2007 sudah lebih banyak hidup mandiri mulai di Kudus hingga di Jakarta.

"Biasanya saya rutin nengokin Kevin sebulan sekali ke Jakarta, karena kalau dia yang pulang ke Banyuwangi kan susah karena harus berlatih dan bertanding terus. Jadi terakhir kami bertemu itu di Jakarta akhir Desember 2019 atau sudah setahun yang lalu," kata Niawiti lagi.

Yang menyedihkan saat liburan Natal 2020 pun Kevin tak bisa pulang ke Banyuwangi karena situasinya sulit akibat pandemi. Ia bersama suami pun bisa memahami sepenuhnya karena Kevin harus persiapan serius untuk tampil di Thailand.

"Untuk mengobati rindu biasanya kita telponan, termasuk tadi pagi pun (Senin pagi) Kevin masih telpon. Dia bilang sih tidak ada masalah yang terlalu mengkhawatirkan dengan kesehatannya meski ia dinyatakan positif, statusnya memang hanya sebagai orang tanpa gejala. Situasi inilah yang sebetulnya membuat kita lebih tenang di Banyuwangi," tutur ibu dua orang putra ini.

Untuk sementara ini Kevin masih menjalani isolasi mandiri di rumah hingga kondisinya telah dinyatakan negatif Covid-19. Niawiti dan suami pun cuma bisa berdoa untuk kesembuhan putra bungsunya itu.

"Kita ambil hikmahnya saja dari peristiwa ini agar kita lebih hati-hati agar tidak terjangkit Covid-19," tukas Niawiti. (Daryadi)